Jamaah Haji Arab Saudi Mulai Menuju Jeddah

0
164
Haji 2021 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19 ( ilustrasi foto: arabnews)

PERCIKANIMAN.ID – – Jamaah haji dari seluruh wilayah Arab Saudi telah mulai melakukan perjalanan ke kota Jeddah sebagai langkah awal perjalanan mereka. Dari wilayah itu, operator perjalanan akan membawa mereka ke Mekkah untuk memulai ibadah tahunan Umat Islam ini.

 

Dilansir dari Alarabiya English, Jumat (16/7/2021), sebelum pandemi, jutaan Muslim dari seluruh dunia akan berduyun-duyun ke Arab Saudi untuk melakukan ritual ibadah Islam ini. Namun Kerajaan saat ini membatasi jamaah haji menjadi 60.000 orang dan hanya bagi yang tinggal di negara itu sebagai tindakan pencegahan terhadap virus corona.

 

Permohonan izin haji juga dibatasi untuk mereka yang berusia 18 hingga 65 tahun, orang-orang yang telah divaksin Covid-19, tidak menderita penyakit kronis dan mereka yang akan melakukan ibadah ini untuk pertama kalinya.

 

Sebelumnya, pada tahun 2020, hanya 10.000 warga dan penduduk Arab Saudi yang diizinkan untuk menunaikan ibadah haji ini. Musim haji akan dimulai pada 17 Juli hingga 22 Juli 2021. Ritual ini merupakan ritual bagi setiap Muslim yang mampu melaksanakannya dan menjadi rukun Islam.

Dalam pelayanan jamaah, Arab Saudi mengaku telah siap untuk menyediakan jasa pelayanan haji dengan metode canggih tahun ini. Kerajaan mengandalkan robot untuk membantu jamaah terkait fatwa, bimbingan dan layanan lain untuk menjaga kesehatan jamaah.

 

Robot untuk mendistribusikan air Zamzam telah disediakan oleh Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci. Lembaga ini telah mengintensifkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di Masjidil Haram. Robot-robot ini juga akan digunakan untuk sterilisasi dan pengendalian pandemi. [ ]

Sumber: ihram.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

850