Cara Menebus Dosa dan Salah Kepada Orangtua Yang Sudah Tiada, Begini Yang Bisa Dilakukan Anak

0
1156
Ziarah kubur ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – –  Salah satu kewajiban seorang anak adalah berbuat baik dan berbakti kepada orangtua. Dalam sebuah kisah sahabat Nabi Muhammad, Abdullah bin Mas’ud pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang amal yang paling dicintai Allah. Seketika Nabi menyebut amalan pertama yang paling mulia dalam Islam adalah berbakti kepada orang tua.

 

Nabi juga menyebut berjihad di jalan Allah sebagai amal yang paling dicintai Allah. Namun, saat datang seorang sahabat meminta izin berjihad, Nabi bertanya perihal kedua orang tuanya dan menyebut mengurus kedua orang tua juga merupakan amal yang bernilai jihad.

 

Allah menempatkan kedudukan orang tua sangat mulia bagi anaknya dan menggambarkannya dengan detail dalam firmannya:

 

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

 

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku kembalimu,” (QS. Luqman: 14).

 

Perintah Allah dan Rasul-Nya untuk menghormati orang tua menjadi kewajiban bagi seorang Muslim untuk mempraktikkannya. Seorang anak yang durhaka terhadap ibu atau bapaknya tidak akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Hadits tentang ridho kepada orang tua diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi yang berbunyi:

 

Ridho Allah itu tergantung ridho kedua orang tua dan murka Allah juga tergantung kepada murka kedua orangtua.” (HR. Tirmidzi).

 

Lalu bagaimana jika orangtua sudah meninggal dunia sementara semasa hidupnya kita merasa belum berbakti dan merasa banyak salah? Selain berdoa, amal apa saja yang dapat menebus salah kepada orangtua? Bolehkah kita berwakaf atas nama orangtua yang sudah meninggal?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

901

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .