Belajar Islam Dari Media Sosial, Boleh atau Terlarang ?

0
984
Seorang muslimah sedang online ( ilustrasi foto: freepik)

PERCIKANIMAN.ID – – Pentingnya belajar dan menuntut ilmu sudah sangat jelas diterangkan diberbagai dalil tentang keutamaan dan kewajiban menuntut ilmu baik ayat suci Al-Quran maupun hadist Nabi SAW. Tentunya hal ini membuat kedudukan belajar dalam Islam amatlah penting.

 

Sebab, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk terus belajar terutama mengenai ilmu agama atau ilmu tauhid  Islam khususnya tentang akidah dan ibadah. Sebab, ibadah yang tanpa dalil atau dasar makan bisa masuk bid’ah dan tertolak. Dalam haditsnya Rasulullah Saw bersabda,

 

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

 

“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami (Islam), maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim no. 1718).

 

Ini terkait dengan ibadah atau urusan akhirat. Lalu dalam urusan dunia pun perlu ilmu juga menjalaninya sehingga tidak salah dan tersesat. Dalam haditsnya Rasulullah Saw bersabda,

 

“Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula. “ (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Lalu darimana kita harus belajar agama Islam? Di zaman sekrang ini, bolehkah belajar Islam secara online misalnya media sosial,internet ? Apa saja syarat belajar online? Belajar online dengan offline apakah sama pahalanya?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

897

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .