Berwasiat Harta Kepada Pasangan Untuk Diwakafkan, Boleh atau Terlarang ?

0
390

PERCIKANIMAN.ID – – Menurut pandangan Islam, wasiat tidak sekadar menyangkut masalah harta benda. Dalam makna luas, wasiat juga berkaitan dengan pesan-pesan kebaikan kepada umat manusia.

 

Di dalam Alquran, Allah SWT sendiri telah mengingatkan agar orang-orang beriman senantiasa berwasiat dalam kebajikan dan kesabaran (QS al-Ashar [103]: 3).

 

Dalam pengertian khusus, wasiat juga diartikan sebagai pesan yang disampaikan orang yang hendak meninggal dunia. Permintaan orang yang akan meninggal kepada orang-orang yang masih hidup untuk melakukan suatu kebaikan.

 

Berikutnya wasiat bisa pula berbentuk harta benda yang ingin diberikan kepada orang atau pihak tertentu. Wasiat semacam ini dilaksanakan setelah si pembuat wasiat meninggal dunia.

 

Lalu bolehkah seorang suami atau berwasiat jika meninggal dunia agar sebagian hartanya untuk wakaf? Berapa besar atau bagian yang diperbolehkan? Kapan wasiat tersebut harus dilaksanakan?

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

903

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .