Zakat Untuk Orang Tua Apakah Boleh ? Begini Penjelasannya

0
209
Kita harus memuliakan orangtua khususnya saat sudah tua (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Ibadah zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang keempat setelah puasa Ramadhan. Zakat ini hukumnya bersifat wajib bagi mampu, yang artinya jika menunaikan zakat akan mendapatkan pahala, dan yang tidak melaksanakannya akan mendapat dosa.

 

Zakat sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal atau harta. Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan setiap muslim pada saat bulan Ramadan sebagai pembersih atas perbuatan dosa dan menyempurnakan puasa.

iklan

 

Di Indonesia zakat fitrah dibayarkan dengan beras atau bahan makanan pokok sebanyak 2,5 kg atau uang senilai tersebut.

 

Sementara zakat mal merupakan zakat harta benda yang wajib dikeluarkan seorang muslim yang telah berpenghasilan.

 

Zakat mal dibayarkan jika harta itu sudah dimiliki penuh dan memenuhi nisab dan haulnya. Maka dari itu zakat mal dibayarkan sebanyak 2,5% dari jumlah harta keseluruhan setahun sekali.

 

Lalu bolehkah memberikan atau menyalurkan zakat kepada orang tua? Haruskah disalurkan lewat Lembaga zakat atau organisasi? Bagaimana status zakat yang tidak disalurkan melalui Lembaga zakat apakah sah?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban penjelasan dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

906

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .