Membalas Keburukan Dengan Keburukan, Boleh atau Terlarang ?

0
234
Kadang tidak semua kebaikan kita berbalas kebaikan pula ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam bergaul sehari-hari kita akan mendapati beragam cara karakter dan tabiat dari orang lain, baik itu saudara, teman dekat, teman kerja maupun orang yang baru kita kenal bahkan yang tidak kita kenal sama sekali.

 

Secara umum perbuatan orang itu terbagi atas dua perkara saja yakni perbuatan baik dan perbuatan buruk. Tentunya kita berharap dan selalu berdoa kita akan mendapatkan perlukuan baik dari orang lain, sebab kita juga telah merasa berbuat baik.

iklan

 

Ketika kita berbuat baik kepada orang lain maka sangat manusiawi jika kita berharap dapat balasan yang baik pula. Ini tentu saja bukan perbuatan yang dilarang sebab berharap yang baik tentu dibolehkan.

 

Namun dalam kenyataan tidaklah demikian adanya. Kerap kali perbuatan baik kita tidak mendapat respon atau balasan yang baik dari orang lain bahkan dari orang yang kita tolong. Kadangkala justru balasan itu bertolak belakang yakni balasan keburukan atau hal yang menyakitkan.

 

Lalu bolehkah kita membalas keburukan yang dilakukan orang lain dengan keburukan yang sama?. Sikap apa yang harus kita lakukan jika kebaikan kita dibalas dengan keburukan? Berdosakah jika kita merasa rugi telah berbuat baik tapi tak berbalas?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

903

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .