Kecenderungan Sifat Negatif Manusia Dalam Penjelasan Al Quran

0
58
bertengkar
Salah satu sifat buruk manusia adalah suka mendebat dan berbantah-bantahan. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Al-Qur’an banyak membicarakan tentang manusia dari segi sifat-sifat dan predisposisinya. Ada predisposisi negatif dan ada pula predisposisi positif. Ini bukan berarti ayat-ayat Al-Qur’an bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya, tetapi ayat tersebut menunjukan beberapa kelemahan manusia yang harus dihindari.

 

Juga menunjukan bahwa manusia adalah makhluk yang mempunyai predisposisi untuk menempati tempat tertinggi sehingga ia terpuji, atau berada di tempat yang rendah sehingga ia tercela.

iklan

 

Manusia sebagai makhluk yang tak lepas dari kesalahan, tentunya memiliki kecenderungan negatif. Diantara kecenderungan negatif yang dimiliki manusia adalah:

 

  1. Cenderung Mengingkari Nikmat Allah

 

Manusia telah diberi berbagai macam nikmat oleh Allah swt untuk disyukuri, bukan untuk di ingkari. Artinya, bahwa manusia harus menggunakan dan memanfaatkan nikmat Allah secara proporsional.

 

Saking banyaknya nikmat Allah yang diberikan kepada hambanya, sampai-sampai jumlahnya pun tak bisa terhitung,

 

 

“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluan) dari segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung ni’mat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (ni’mat)” (Q.S. Ibrahim [14] : 34).

 

Begitulah karakter manusia, walaupun Allah SWT telah memberikan nikmatnya yang tak terhingga, namun manusia tetap sombong bahkan mengingkari nikmat yang telah diberikan kepadanya.

 

  1. Kikir

 

Manusia cenderung kikir apabila mendapatkan rizki yang banyak, dan akan semakin kikir jika rizki yang dia terima semakin banyak. Sifat tersebut didorong oleh nafsu serakah, tamak dan menghalalkan segala cara. Dan dia mempunyai persepsi bahwa hartalah yang akan mengekalkan mereka. Padahal mereka telah tertipu oleh pemikirannya sendiri, hidupnya akan mengalami kegelapan, selalu ketakutan, merasa tidak aman dan tidak tentram. Allah swt berfirman, “Katakanlah : ‘Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya

 

”. Dan adalah manusia itu sangat kikir’.” (Q.S. Al-Israa [17] : 100). Dan dalam ayat lain disebutkan, “Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.” (Q.S. Al-Ma’aarij [70] : 19)

 

  1. Banyak Membantah

 

Manusia adalah makhluk yang banyak membantah dan menentang ajaran Allah yang telah menciptakannya dan memberi berbagai macam nikmat. Ia telah diberi alat-alat potensial, seperti : panca indera, akal pikiran dan alat potensial lainnya. Tetapi alat-alat tersebut tidak mereka gunakan untuk mentafakuri nikmat-nikmat Allah swt, tapi malah digunakan untuk membantah dan menentang kebenaran ajaran Tuhannya. Sebagaimana firman-Nya,

 

 

 “Dan sesungguhnya Kami telah  mengulang-ulangi  bagi manusia dalam al-Qur’an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah”. (Q.S. Al-Kahfi [18] : 54)

 

  1. Tergesa-gesa

 

Sifat tergesa-gesa telah menyelimuti jiwa manusia, sehingga prilaku yang dilakukannya pun selalu tergesa-gesa, tidak dilandasi oleh pemikiran yang matang, yang menyebabkan dirinya terjerumus kedalam kerugian yang sangat besar,

 

 

“Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perlihatkan kepadamu tanda-tanda (azab)-Ku. Maka janganlah kamu minta kepada-Ku mendatangkannya dengan segera”. (Q.S. Al-Anbiyaa [21] : 37)

 

Itulah empat kecenderungan negatif manusia. Oleh karena itu, kita harus selalu berhati-hati terhadap keempat sifat tersebut, jika kita ingin mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akherat.

 

Jika kita belum bisa meninggalkan keempat sifat tersebut secara optimal, paling tidak, kita mampu meminimalisir keempat sifat tersebut. Syukur-syukur kita bisa menjauhinya secara optimal. Semoga Allah jaga kita dari sifat buruk tersebut. Wallahu’alam [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

906