Benarkah Redaksi Tahiyyat Itu Dialog Antara Allah Dan Rasulullah di Sidratulmuntaha?

0
277

PERCIKANIMAN.ID  – – Tahiyyat awal dan akhir merupakan bagian dari urutan sholat yang harus dilaksanakan. Tahiyat awal ini dilakukan pada rakaat kedua, sedangkan bacaan tahiyat akhir dilakukan saat tasyahud akhir. Sebab, bacaan dan urutan tahiyat ini tidak bisa diubah-ubah, sudah ada aturannya.

 

Saat melakukan tahiyat akhir, posisi kaki kanan harus ditegakkan, sedangkan kaki kiri dimasukan ke bawah betis kaki kanan, dan bokong duduk ke lantai. Selain cara melakukannya berbedam bacaan atau doanya pun juga berbeda.

iklan

 

Sementara salah satu bacaan doa tahiyyat yang dicontohkan Rasul Saw seperti yang disampaikan Abdullah bin Abbas r.a. yang menerangkan bahwa Rasulullah Saw. pernah  mengajarinya doa tahiyyat, yaitu

 

Attahiyyaatul mubaarakaatus shalawaatut thayyibaatu lillaah. Assalaamu  ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wa barakaatuh. Assalaamu ‘alainaa  wa ‘alaa ‘ibaadillaahi shaalihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallaah wa asyhadu anna  muhammadar rasuulullaah.

Segala kehormatan, segala keberkahan, segala shalawat, dan segala kebaikan  milik Allah. Semoga keselamatan, rahmat, dan barakah-Nya tercurah bagimu,  wahai nabi. Semoga keselamatan tercurah bagi kami dan hamba-hamba Allah  yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi  bahwa Muhammad itu utusan Allah.” (H.R. Muslim)

 

Lalu benarkah redaksi tahiyat itu dialog antara Allah Swt dengan Rasulullah Saw saat di Sidratulmuntaha? Bagaimana bacaan doa tahiyyat yang benar?

 

Untuk mendapat penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Silakan simak:

 

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

903

buku doa

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .