Pahala Orang Yang Menahan Marah, Pilih Surga Yang Dikehendaki

0
50
Hendaknya kita mampu menahan marah ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Marah adalah sifat manusiawi ,namun marah juga harus beralasan dan tidak sembarang marah. Kita boleh dan harus marah jika ada kemunkaran. Namun marah yang tidak pada tempatnya dan dilakukan secara berlebihan dilarang dalam ajaran Islam.

 

Marah yang dilampiaskan dengan cara salah bahkan diluar batas kewajaran justru akan menjadi musibah.Banyak contoh kasus yang harus dihadapi dan dijalani orang yang melampiaskan kemarahannya secara membabi buta.

iklan

 

Selain dapat mencelakai orang lain, kemarahan yang diluapkan secara berlebihan dapat juga mencelakai diri sendiri. Untuk itu hendak dapat menahan marah saat sedang emosi.

 

Namun menahan marah meski sekedar diam bukanlah berbuatan yang gampang, apalagi jika menyangkut harga diri dan fitnah. Namun jika kita mampu menahan marah bahkan memaafkannya maka hadiah pujian dari Allah Swt kelak di yaumil akhir. Hal ini seperti yang disabdakan Rasulullah Saw:

 

Barangsiapa yang menahan amarahnya sedangkan ia mampu untuk mewujudkannya, Allah akan menyebut dan memujinya pada hari kiamat kelak di hadapan seluruh makhluk, hingga dia diberi pilihan untuk mengambil bidadari mana saja yang ia kehendaki,” (HR. Tirmidzi no.2021, Abu Dawud no.4777, Ibnu Majah no.4186, Ahmad 3/no.440).

 

Seorang ulama juga memberi nasihat terkait marah ini. Katanya “Siapa saja yang menahan jiwanya dari hawa nafsu, maka surga adalah tempat tinggalnya dan bidadari adalah balasannya”. (Syarh al-Misykat Lit Toyyibi al-Kasyif `an Haqoiq as-Sunan: 10/2239)

 

Indah bukan balasan bagi yang bisa menahan amarah apalagi bisa memaafkan. Jadi apakah hari ini anda masih marah? Jika masih ada rasa marah segera hilangkan dengan cara memaafkannya agar hidup lebih sehat dan ibadah pun jadi tenang. Wallahu a’lam. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

839