Membantu Pembangunan Masjid atau Membantu Ekonomi Orangtua? Ini Yang Harus Didahulukan

0
167
Membangun masjid mempunyai banyak keutamaan namun berbakti kepada orangtua jauh lebih utama ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Membangun atau sekedar turut membantu pembangunan masjid punya keutamaan yang besar. Bahkan bila kita membangun bagian kecil saja tetap punya keutamaan. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

iklan

 

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

 

Disatu sisi kita juga harus sadari bahwa berbuat baik kepada orang tua itu sangat dianjurkan. Bahkan bakti kepada orangtua atau berbuat baik yang dapat menyenangkan mereka disebutkan oleh Allah Swt setelah larangan berbuat syirik. Ini artinya betapa pentingnya kedudukan berbakti kepada orang tua sehingga menempatkannya tepat setelah aqidah. Allah berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya“. (QS. Al-Isra: 23)

 

Lalu jika kita mempunyai dana yang terbatas bagaimana sebaiknya, membantu pembangunan masjid atau membantu ekonomi orangtua? Bukankah membangun masjid mempunyai pahala yang besar? Demikian juga berbakti kepada orangtua juga sebuah kewajiban. Amalan mana yang harus kita dahulukan sementara penghasilan kita terbatas?

Untuk mendapatkan penjelasannya bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian bisa simak jawaban dan nasihat dari guru kita ustadz Aam Amiruddin dalam video berikut ini. Semoga bermanfaat:

 

 

5

Red: admin

Editor: iman

Video: tim official

804

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .