Bacaan Dalam Shalat Jenazah Setelah Takbir Pertama, Al Fatihah atau Shalawat ?

0
509

PERCIKANIMAN.ID – – Assalamu’alaykum. Pak Aam mohon maaf sebelumnya. Sepengetahuan saya doa jenazah pada takbir pertama baca Al Fatihah dan shalawat, namun pada MaPI edisi bulan lalu disebutkan bahwa takbir pertama baca Al Fatihah lalu takbir kedua Shalawat. Barangkali bisa dijelaskan kembali? Terima kasih ( NM via email)

 

Wa’alaykumsalam.ww. bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Terima kasih atas pertanyaannya. Begini, alasan bahwa takbir pertama hanya Al Fatihah dan takbir kedua shalawat adalah keterangan berikut. Abu Umamah berkata,

 

Disunnahkan dalam shalat jenazah membaca fatihah pada takbir pertama dengan suara yang tidak dikeraskan, kemudian bertakbir lagi tiga kali dan ditutup dengan salam.” (H.R. An-Nasai I/281, At-Thahawi I/288).

 

Hadis ini diriwayatkan Nasai (I/281), juga diriwayatkan oleh Ibn Hazm (V/129) dengan sanad sahih, sebagaimana dikemukakan al-Hafidz dalam Fath Al-Baari. Imam Nawawi juga telah menuliskannya dalam kitab Al Majmu’ (V/33) dan dia menambahkan kalimat bahwa hadis tersebut memenuhi standar riwayat As-Syaikhan (Bukhari-Muslim).

 

Tentu saja tidak masalah, apabila Anda terbiasa dengan membaca Al Fatihah dan shalawat pada takbir pertama tentu hal itu tidak salah dan bisa diteruskan karena versi doa dan takbir dalam shalat jenazah riwayatnya sangat banyak. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

 

Nah, terkait dengan pembahasan bab shalat baik yang wajib maupun yang sunnah bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang membaca buku-buku saya terkait shalat. Insya Allah didalamnya dibahas secara rinci dan detail dengan mengacu pada dalil yang shahih. Wallahu A’lam bishshawab. [ ]

buku shalat wudhu

5

Red: admin

Editor: iman

949

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .