Senin 30 November 2020 Akan Terjadi Gerhana Bulan Penumbral

0
168
Gerhana Bulan penumbra ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Insya Allah pada Senin besok ( 30/11/2020) mendatang akan terjadi fenomena alam luar biasa atas Kehendak dan Keagungan Allah, yaitu: Gerhana Bulan Penumbral yang melintasi Asia, Australia, Pasifik, Amerika, termasuk seluruh wilayah Indonesia yang dapat dilihat visibel dengan bantuan teleskop, namun sukar diamati dengan mata telanjang karena nampak samar-samar.

Dikutip dari laman resmi BMKG, gerhana bulan ini akan mulai kontak awal pukul 14:32:21 WIB. Kemudian akan memasuki Greatest Eclipse pukul 16:42:49 WIB, hingga kontak akhir pada pukul 18:53:20 WIB.

Khusus di Kota Bandung dan sekitarnya bulan terbit dalam keadaan Gerhana diperkirakan mulai pukul 17:52 WIB, dan memasuki maksimum pukul 17:55 WIB. sehingga piringan bulan akan samar-samar meredup atau kabur.

iklan

Secara Sains atau Astronomi, Gerhana Bulan Penumbral terdefinisi sebagai Gerhana. Namun secara Syari’at atau Fiqih belum ada himbauan atau edaran terkait ibadah Gerhana Bulan Penumbral 30 November 2020 ini seperti untuk mengumandangkan gema takbir, sholat gerhana, khutbah, istighfar, dan sedekah gerhana.

Hendaknya menunggu surat edaran resmi dari Lembaga Falakiyah atau Badan Hisab-Rukyat dan para ‘Ulama, serta hasil Rukyat Gerhana Bulan Penumbral pada waktunya nanti.

Namun akan lebih baik jika kita tetap memperbanyak dzikir, istighfar dan berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari segala macam bencana, musibah, dan marabahaya lainnya. [ ]

4

Red: admin

Editor: iman

807