Tips Terhindar Virus Corona, Lakukan 6 Langkah Ini

0
377
Dua WNI di Depok dinyatakan positif Virus Corona, Selasa (02/03)
Dua WNI di Depok dinyatakan positif Virus Corona, Selasa (02/03)

PERCIKANIMAN.ID – – Virus corona diduga telah masuk ke Indonesia, bahkan suspect virus corona telah masuk ke Bandung dan tengah dalam perawatan intensif.

Sebagai bentuk kesiagaan menyebarnya virus corona yang dapat menyebar masif, sejumlah rumah sakit bersiaga. Termasuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan yang berlokasi di Baleendah Bandung juga membuka posko khusus mulai hari ini Senin (27/1/2020).

Seperti, virus corona merupakan jenis virus yang biasanya mempengaruhi saluran pernapasan mamalia, termasuk manusia. Mereka terkait dengan pilek, pneumonia, dan sindrom pernafasan akut yang parah (SARS) dan juga dapat mempengaruhi usus.

Ada beberapa cara virus corona menyebar, seperti melalui batuk atau bersin yang tanpa menutup mulut. Tetesan cairan dair mulut yang batuk atau bersin sampai ke udara sehingga menyebarkan virus.

Kontak bagian tubuh hidung, mata, dan mulut dengan permukaan benda yang memiliki virus juga menjadi cara menyebarnya virus corona ini dengan cepat.

Yang membuat virus corona berbahaya adalah kemampuan bermutasi dari virus corona menjadi virus mematikan sehingga dapat merenggut nyawa.

Virus corona yang bermutasi, akan membawa penyakit Sindrom pernapasan akut berat (SARS), yang kemudian mengarah ke bentuk pneumonia yang mengancam jiwa.

virus korona atau corona virus adalah keluarga besar virus yang bisa menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa hingga Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS).

Penularan virus ini bisa melalui udara, menyebar dengan mudah mirip dengan penyebaran flu. Virus ini menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan lesi paru-paru. Beberapa jenis virus corona memang bisa berakibat serius.

Seperti dikutip dari pikiran-rakyat.com, untuk menghindari terkena virus corona ini, Wakil Direktur Pelayanan Medik Penunjang dan Keperawatan RSUD Al Ihsan dr. Hadri Pramono MARS, memberikan tipsnya.

Berikut beberapa tips dari dr. Hadri untuk menghindari virus corona tersebut.

1.Tetap waspada tapi jangan panik

2.Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

3.Hindari kontak dengan hewan atau pasar hewan yang telah terjangkit coronavirus

4.Hindari kontak langsung penderita terjangkit virus corona (jangan pegang selaput mukosa mata, mukosa hidung dan mukosa mulut dengan tangan yang terkontaminasi virus corona)

5.Gunakan masker/respirator

6.Terapkan etika batuk/bersin dan dilarang meludah sembarangan.

Menurut dr. Hadri, menghadapi virus corona masyarakat tidak perlu panik tapi tetap harus waspada. Soalnya, hingga kini belum ada informasi yang rinci, jelas, dan pasti mengenai virus ini, baik dari Kementerian Kesehatan, WHO atau Tiongkok sekalipun.

“Masih simpang siur, tidak ada informasi yang jelas. Namun corona virus mengandung DNA atau untaian genetika yang gampang bermutasi. Kita sudah belajar, Indonesia pernah mengalami pandemi flu babi (H1N1 2009) dan outbreak flu burung (H5N1 2005). Jadi tetap harus waspada,” kata Hadri.

Apalagi, lanjut dia, saat ini Jawa Barat sedang diguyur hujan hampir merata di semua wilayah. Masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan sehat, rajin berolahraga, serta segera ke puskesmas dan rumah sakit terdekat jika panas badan di atas 38 derajat, apalagi ada batuk pilek dan sukar bernapas.

“Bila Anda mengalami gejala panas badan demam di atas 38 derajat celcius, batuk dan sukar bernapas, disertai riwayat pernah bepergian ke Tiongkok/Wuhan/Singapura atau dari Negara terjangkit virus corona.

Segeralah diperiksa kesehatannya ke Posko Pusat Informasi dan Krisis Center Coronavirus RSUD Al Ihsan. Jangan menunggu tiga hari dulu,” tegas dr Hadri.

“Semoga Allah meridai upaya kita agar tetap sehat”. [ ]

 

4

Red: admin

Editor: iman

930

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini