Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Es, Ini Alasannya

0
1067

 

PERCIKANIMAN.ID – – Saat sedang hamil memang sangat banyak sekali godaan untuk ngemil apapun. Ingin mengonsumsi makanan yang sudah jarang kita makan, makanan yang tidak disukai atau sudah sulit untuk dicari.

 

 

Apalagi jika cuaca sedang panas, pastinya untuk ibu-ibu hamil sangat tergiur untuk mengonsumsi berbagai jenis es. Jadi apakah baik mengonsumsi es saat sedang hamil? Okezone kali ini akan menjelaskan seperti dikutip dari okezone yang dilansir dari Firstcry.com, Kamis (18/10/2018).

 

 

Sebagian besar orang hamil sangat senang untuk mengunyah es batu, karena hal itu sangat normal, tidak ada konsekuensi negatif apapun. Tak ada hal yang bahaya untuk perempuan yang sedang hamil, asalkan mengonsumsi es itu tidak berlebihan.

 

 

Dalam istilah medis, godaan untuk mengonsumsi es dikenal sebagai “Pagophagia”. Ingat, sering mengunyah es batu pun akan merusak sebagian gigi Anda, akan menimbulkan kerapuhan, bahkan dapat menyebabkan peradangan tenggorokan. Tetapi kebiasaan untuk mengunyah es sangat sulit dihilangkan pada saat kehamilan, karena itu juga dapat membantu menaikan mood ibu hamil.

 

 

Perempuan hamil memiliki peningkatan darah hampir 50%, hal ini karena sering merasakan panas pada tubuhnya. Hal inipun bisa membuat wanita hamil lebih hangat dari keadaan yang biasanya, dengan adanya metabolisme yang tinggi maka penyebaran hawa panas akan terjadi.

 

 

Dengan mengonsumsi es itu akan membuat hawa pasanya terasa reda, tetapi hindarilah es dengan air bersoda atau minuman yang mengandung gula berlebih.

 

 

Selain itu, perempuan hamil juga sering menderita sindrom mulut terbakar. Karenanya, perempuan hamil mengunyah es batu untuk meredakan sensasi terbakar di mulutnya.

 

 

Selanjutnya, saat pertama kehamilan sebagian besar wanita menderita morning sickness, perubahan hormonal baik karena menunjukan bayi yang sehat.

 

 

Wanita yang merasakan mual pada gangguan penciuman tidak bisa menerima bau yang begitu menyengat, dan gangguan saat mengonsumsi makanan pun terganggu karena rasa mual yang dirasakan. Dengan segera mengambil potongan es batu untuk dijadikan cemilan, itu membuat rasa mual bisa berkurang.

 

 

BACA JUGA: Cara Merawat Kulit Bagi Ibu Hamil

 

 

Risiko mengunyah es batu berlebihan selama kehamilan. Seseorang harus berhati-hati saat mengonsumsi es batu dalam jumlah berlebihan selama kehamilan, karena dapat menyebabkan masalah berikut:

 

  1. Masalah gigi

 

Mengunyah es batu berlebihan dapat merusak gigi, terutama selama kehamilan. Enamel gigi bisa rusak, sehingga mendorong pembusukan dan meningkatkan kepekaan terhadap makanan panas dan dingin. Lebih baik membiarkan es meleleh di lidah daripada mengigit es batu.

 

  1. Malnutrisi

 

Jika calon ibu tak bisa menahan godaan ngemil es batu, itu bisa membuat kesehatannya dan bayi berisiko. Bayi mungkin tidak menerima semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Kesehatan perempuan hamil juga berisiko jika tidak makan dengan baik.

 

  1. Sakit tenggorokan

 

Sakit tenggorokan selama kehamilan adalah hal yang mungkin sering terjadi, tetapi jika calon ibu juga doyan ngunyah es batu, itu semakin memperparah situasi. Kebiasaan ini akan mengiritasi tenggorokan dan akan terasa sakit.

 

  1. Tersedak

 

Ini adalah bahaya yang harus diwaspadai, baik saat hamil atau tidak. Anda mungkin secara tidak sengaja menelan es batu besar dan ini bisa menyebabkan tersendak. Pastikan es batu berukuran kecil dan selalu perhatikan apa yang Anda makan.

 

Jika kebiasaan mengunyah es batu berlangsung lama saat kehamilan, konsultasikan dengan dokter tentang kekurangan zat besi dan kondisi lain yang mungkin terjadi. Tes darah akan cukup untuk mengetahui kadar zat besi Anda. [ ]

5

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

870

Follow juga akun sosial media percikan iman di:

Instagram : @percikanimanonline

Fanspages : Percikan Iman Online

Youtube : Percikan Iman Online

Twitter: percikan_iman