BERBAGI TULISAN

Bagi yang dikaruniai harta yang berlimpah, maka sedekah dengan harta bukanlah masalah. Demikian juga bagi para guru, ustadz atau pendidik lainnya yang bersedekah dengan mentransfer ilmu kepada anak didiknya.

Lalu bagaimana dengan orang yang tidak mempunyai kriteria di atas. Tidak berharta, tidak berilmu (ilmuwan atau ustadz). Apakah masih terbuka pintu untuk melakukan sedekah?Jawabnya tentu saja masih. Sebagaimana kita ketahui bahwa makna sedekah itu luas sekali.

Sedekah tidak harus berupa harta, melainkan bisa juga tenaga dan pikiran. Bahkan, dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw menyatakan, senyum kepada saudaranya adalah sedekah. Lalu bagaimana jika ingin bersedekah dengan ilmu? Apakah harus menjadi guru,ulama atau pendidik dan penceramah lainnya? Jawabnya tentu saja tidak.

Lalu dengan apa bisa sedekah dengan ilmu? Jawabnya adalah dengan tulisan. Menulis insya Allah merupakan bagian dari sedekah ilmu yang bermanfaat bagi ummat. Di abad modern, mayoritas warga khususnya yang tinggal di perkotaan rata-rata berpendidikan tinggi dan pasti bisa menulis. Dasar menulis ini merujuk pada firman Allah Swt;

“Nūn. Demi pena dan apa yang mereka tuliskan.” (QS.Al-Qalam: 1)

Apabila kita menulis di media tentang sebuah kebajikan, tips, nasehat atau pengalaman, lalu tulisan tersebut menginspirasi banyak orang lain, maka insya Allah pahalanya akan mengalir kepada sang penulis. Di zaman modern ini, mengajar atau mentransfer ilmu tidak harus bertatap muka layaknya murid dan guru di sekolah. Dengan kemajuan sarana telekomunikasi dengan dibantu ragam media khususnya internet, memberi motivasi dan inspirasi tidak harus bertemu langsung. Namun cukup membaca tulisan-tulisan yang kita buat berdasar rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan. Coba perhatikan pesan Rasulullah Saw:

“Barangsiapa yang berdakwah (mengajak dengan lisan maupun tulisan) kepada petunjuk (kebaikan) maka dia mendapatkan pahala seperti pahala yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Jadi dapat dibayangkan jika tulisan kita dibaca ratusan, ribuan bahkan jutaan orang yang mampu menggugah, menyadarkan, memotivasi, menginspirasi dan sebagainya yang bernilai positif. Kemudian, mereka mengerjakan kebaikan atau amal saleh seperti yang kita harapkan maka hal itu akan menjadi sedekah bagi sang penulisnya.

Kiranya dapat kita pahami bahwa sedekah ilmu (ilmu yang bermanfaat) itu bisa berupa tulisan yang kita bagikan kepada pembaca. Jadi tunggu apa lagi, segeralah menulis dan sedekahkan tulisan ini untuk kebaikan banyak orang.

Dalam upaya memfasilitasi program sedekah ini, MAPIONLINE.COM menggagas program Berbagi Tulisan.

MapiOnline menerima sumbangan tulisan atau pun naskah dari Sobat yang memiliki hobi menulis atau fotografi.  Kirimkan karya tulisan atau foto Anda untuk dimuat di laman MAPIONLINE. Silahkan kirim artikel Anda ke [email protected]

Tema dan jenis tulisan boleh apa saja, misalnya puisi, cerpen atau pengalaman pribadi yang bersifat inspiratif. Sobat juga dapat mengirimkan artikel populer, opini, artikel ilmiah, gaya hidup, kesehatan, feature (perjalanan wisata, kuliner),  atau pun kajian Islami.

Tulisan harus ditulis langsung di badan email, bukan berupa file MS Word atau bentuk lain di attachment.  Sertakan pula foto identitas (KTP/SIM) beserta alamat lengkap.  Setiap tulisan yang terpilih dan dimuat akan kami kabarkan kepada pengirimnya.

Frequently Asked Question

Q: Perlu berapa lama artikel yang saya kirimkan untuk bisa dimuat MAPIONLINE?
A: Tak ada ketentuan pasti. Buatlah karya tulis yang rapi, data-datanya jelas  sehingga lebih memudahkan dalam proses seleksi.

Q: Mengapa tulisan saya tak tampil, padahal sudah saya kirim sejak lama?
A: Ada berbagai pertimbangan yang dilakukan redaksi dalam mempublish sebuah artikel. Jangan berkecil hati ketika tulisan Anda belum tayang. Anda bisa melakukan revisi dari karya Anda dan mengirimkan ulang. Harap perhatikan penggunaan tanda baca yang benar (titik, koma, tanda tanya, tanda seru, alinea, paragraf, dll).

Q: Bagaimana caranya saya tahu bahwa artikel saya sudah dipublish atau belum?
A: Redaksi selalu memberikan pemberitahuan pada penulis melalui Email atau Facebook untuk setiap artikel yang sudah tayang. Jika Anda belum mendapatkannya, Anda bisa baca pertanyaan sebelum ini.

Q: Ada batasan panjang dan pendek maksimal untuk setiap artikel?
A: Tidak ada, tulis naskah secara proposional

Disclaimer

MAPIONLINE berhak untuk menambah, mengurangi, dan mengubah konten serta judul dari artikel yang dikirimkan dengan ataupun tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tulisan yang tidak ditampilkan di website dimungkinkan karena ada beberapa pertimbangan dari redaksi. Harap memberikan karya yang rapi, jelas, dan dapat dipertanggung jawabkan seluruh isi materi dari tulisan tersebut.