Sifat Amarah Dalam Diri Manusia Menurut Al Quran

0
114
Kesurupan masih sering terjadi di masyarakat ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Nafsu ammarah mempunyai sifat seperti api yakni panas dan membakar. Nafsu ini yang selalu memerintah atau mengajak kepada manusia untuk berbuat jahat dengan sifat layaknya api yang membakar semua benda yang mendekat atau didekatnya.

Perangai orang pada martabat nafsu ini selalu memperturutkan kehendak hawa nafsu dan bisikan syetan, karena itu nafsu ammarah ini kerjanya senantiasa menyuruh berbuat maksiat, baik ia tahu perbuatan itu jahat atau tidak.

Bagi dia baik dan buruk adalah sama saja, kejahatan dipandangnya tidak menjadikan apa-apa bila dikerjakan, dia tidak mencela kejahatan, bahkan sebaliknya selalu sinis dan suka mencela segala bentuk kebaikan yang diperbuat orang lain.

iklan

Nafsu Ammarah ini adalah derajat yang paling rendah sekali, dan sangat berbahaya serta merugikan diri pribadi yang sekaligus akan menyeretnya ke lembah kehinaan.

Firmal Allah: Qs. Yusuf : 53

(53).  وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي ۚ إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي ۚ إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan Aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), Karena Sesungguhnya nafsu (amarrah) itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha penyanyang”.

Sebagian dari sifat-sifat orang yang mempunyai Nafsu Ammarah ini antara lain adalah :

  1. Bakhil atau kikir.
  2. Tamak dan lobak kepada harta benda.
  3. Sombong dan takabur (membanggakan diri)
  4. Bermegah-megahan dan bermewah-mewahan.
  5. Ingin namanya terkenal dan populer.
  6. Hasad dan dengki.
  7. Berniat jahat dan khianat.
  8. Lupa kepada Allah SWT.
  9. Dendam, Caci maki Adu domba, permusuhan

5

Red: admin

Editor: iman

820