3 Masjid Utama Dalam Islam, Kita Sudah Shalat Dimana?

0
54
Masjid Nabawi akan menggelar pameran manuskrip Al Quran langka. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – –  Terdapat masjid-masjid istimewa bagi umat Islam untuk mendirikan sholat yakni di Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Al-Aqsa.

Dalam buku Waktu dan Tempat Shalat karya Isnan Ansory dijelaskan, maksud dari tempat yang utama adalah bahwa tempat tersebut memiliki nilai dan kualitas yang khusus dibandingkan dengan tempat sholat lainnya. Namun bukan berarti sholat di tempat tersebut dianggap sebagai bagian dari syarat sahnya sholat.

iklan

Sebab pada dasarnya, sholat dapat dilakukan di mana saja selama terhindar dari najis. Adapun adanya ketentuan tentang shalat di tempat yang utama karena memang terdapat anjuran yang khusus dari syariat untuk sholat di dalamnya.

Keistimewaan tiga masjid itu pun dirangkum dalam hadis Nabi:

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال: فَضْل الصَّلاَةِ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ عَلَى غَيْرِهِ بِمِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ، وَفِي مَسْجِدِي أَلْفُ صَلاَةٍ وَفِي مَسْجِدِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ خَمْسُمِائَةِ صَلاَةٍ

 

An abi ad-darda RA: aninnabiyyi SAW qala: fadhalusshalati fil-masjidil-harami ala ghairihi bimi-ati alfi shalatin, wa fi masjidiy alfu shalatin wa fi masjidi baitil-maqdisi khamsu mi-ati shalatin,”.

 

Yang artinya: “Dari Abu Darda, Nabi bersabda: shalat di Masjid Al-Haram lebih utama sebanayak 100 ribu kali dibandingkan shalat di masjid lainnya. Dan di masjidku (Masjid Nabawi), lebih utama 1.000 kali, sedangkan di Baitul Maqdis (Al-Aqsa), lebih utama 500 kali,”.

Semoga disepanjang hidup kita ada kesempatan untuk menunaikan ibadah shalat dii 3 masjid tersebut yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Baitul Maqdis ( Al -Aqsa) yang berada di Palastina.  [ ]

Sumber: ihram.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

840