Mengapa Kesurupan Banyak Terjadi Pada Wanita ? Ini Penjelasannya

0
76
ilustrasi foto: pixabay

Oleh: Dr. Tauhid Nur Azhar, M.Kes. M.Si. Med*

PERCIKANIMAN.ID – – Banyak di antara bangsa Jin yang beragama Islam atau muslim. Dalam satu hadis, Rasulullah Saw. bersabda bahwa sesama muslim adalah saudara dan dilarang saling menyakiti, apalagi sampai memfitnah sesama saudara.

iklan

Dilihat dari akar permasalahannya, kesurupan bisa dibagi ke dalam dua pendekatan. Pendekatan yang pertama karena speed personality yaitu perubahan kepribadian karena faktor tekanan internal maupun eksternal dalam diri seseorang. Karena sudah tidak kuat lagi memendam, ia tampilkan di muka umum dalam bentuk histeria, atau istilah lain seperti kesurupan.

Pendekatan yang kedua yaitu kita mengenal atau mengimani hal-hal yang gaib salah satunya adalah jin atau setan, yang bisa saja ia membisikkan pengaruhnya ke dalam pikiran dan hati manusia.

Ketika menyimpulkan penyebab kesurupan, kita harus berhati-hati. Saat ini, musuh-musuh Islam atau bahkan sebagian orang Islam sendiri beranggapan bahwa Islam adalah agama yang tidak rasional. Salah satu buktinya, kesurupan!

Dilihat dari kacamata ilmu pengetahuan, Islam ternyata merupakan agama yang sangat mengedepankan logika. Kita jangan memukul rata bahwa setiap kesurupan adalah karena ganguan jin. Kita bisa mengambil pendekatan yang pertama, yaitu penyebab kesurupan adalah histeria –kontrol diri yang lepas karena faktor-faktor tertentu. Sebelum berpikir terlalu jauh, sebaiknya kita mencoba meneliti akar permasalahan kejadian kesurupan.

Bagaimana kesurupan bisa tiba-tiba menjadi massal? Kesurupan massal bisa terjadi karena ada faktor yang mempersatukan, yaitu tempat kejadian. Kita bisa mengambil contoh kasus kesurupan di pabrik rokok, banyak sekali tekanan yang terjadi di pabrik rokok tersebut, misalnya akan adanya kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), adanya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM), adanya revisi Undang-Undang Tenaga Kerja, belum lagi ditambah dengan kemungkinan pabrik tempat mereka bekerja akan bangkrut, inilah faktor-faktor yang menjadikan kesurupan masal terjadi.

Apabila kita mengambil pendekatan yang kedua, yaitu kesurupan terjadi karena ganguan jin, sebetulnya peranan jin hanyalah memasukan bisikan-bisikan ke dalam hati dan pikiran manusia. Apabila kita sedang dalam kondisi tertekan, pikiran kita akan kacau, dan sering melamun, jin akan mudah membisikkan pengaruhnya pada manusia sehingga ia seperti kesurupan. Kembali lagi pada pendekatan pertama, sebetulnya akar dari kesurupan itu sebagian besar adalah faktor tekanan.

Kesurupan seringkali terjadi pada wanita karena dipengaruhi hormon yang terdapat dalam tubuh wanita yang berbeda dengan pria. Apabila kita kaitkan dengan tekanan hidup, pada seorang pria bisa saja sebuah tekanan dirasakan biasa namun, pada wanita tekanan bisa meningkatkan kadar hormon yang terdapat dalam tubuh wanita, seperti hormon stokofobin, arsifalium yang membuat rasa ketakuatan dan kekacauan dalam pikiran seorang wanita.

Dalam Al Quran sendiri telah dijelaskan sifat dasar manusia adalah selalu tergesa-gesa, selalu berlebihan, dan akhirnya berkeluh-kesah. Terbukti sudah kebenaran Al Quran karena tergesa-gesa memikirkan segala sesuatu hal yang menyangkut kebutuhan hidup dan berlebihan dalam memaknainya terjadi tekanan yang sangat kuat dalam diri manusia, akhirnya ia berkeluh-kesah dalam bentuk berlebihan juga, yaitu kesurupan.

Dalam Islam, kita juga mengenal rukun iman yang mewajibkan manusia percaya kepada hal yang gaib, di luar jangkauan pikiran manusia. Bagaimana pun juga, konsep keimanan adalah bagian dari fitrah hidup manusia. [ ]

*penulis adalah dokter, pengajar dan penulis buku

 

5

Red: admin

Editor: iman

956