Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Anak, Perhatikan Ini Poinnya

0
625

 

PERCIKANIMAN.ID – – Komunikasi dengan anak penting dilakukan bahkan sejak dalam kandungan. Bentuk komunikasinya bermacam-macam, salah satunya membacakan buku. Menurut ahli pendidikan asal Amerika Serikat Jim Trelease dalam bukunya Read Aloud Handbook, Anda sudah bisa membacakan buku sejak anak bayi. Meski kelihatannya bayi belum mengerti, membacakan buku bisa jadi kesempatan Anda untuk membangun ikatan dengan si kecil serta meningkatkan kemampuan berbahasa dan imajinasi bayi.

Buku cerita yang dirancang khusus untuk bayi tentu berbeda dengan buku untuk balita atau anak-anak. Berikut tips memilih buku yang tepat untuk dibacakan pada bayi:

1.Material

Buku dari kain lembut atau soft book bisa ‘dinikmati’ bayi usia enam bulan. Pilih buku yang ringan, mudah dicuci, dan tak mudah lepas. Semakin buku tersebut mudah dipegang, bayi akan semakin rajin berlatih meraih objek. Pilih buku yang tiap halamannya memunculkan tekstur berbeda untuk melatih kemampuan indra perabanya. Anda juga bisa melatih pendengaran dan kecerdasan bermusik si kecil dengan memilih electronic book. Bila tombolnya disentuh, buku ini akan mengeluarkan suara musik atau nyanyian. Bayi akan memberi respon pada bunyi yang ia dengar.

2.Warna dan gambar

Sebagai permulaan, pilih buku bergambar sederhana yang berwarna hitam putih agar bayi bisa membedakan gambar dan latar belakang. Jika usianya sudah menginjak enam bulan, kembangkan pengetahuannya dengan memberikan ia buku berwarna kontras dengan satu atau dua objek pada tiap halaman.

3.Isi

Jika berhasil membuat bayi tertarik dengan buku, mulailah menceritakan isi buku yang objeknya ‘akrab’ dengan bayi. Anda juga bisa memanfaatkan album foto keluarga sambil mengenalkan kakek, nenek, paman, dan anggota keluarga lainnya. Bila bayi sudah semakin besar dan aktivitasnya tak sebatas menyusu atau tidur, bacakan buku seputar kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, atau tidur siang. Cara ini bisa memperkaya perbendaharaan kata si kecil.

4.Ketika membacakan buku…

Peluk bayi agar dia merasa nyaman, lalu ajak dia ikut menyentuh buku. Perlihatkan pada bayi gambar dan warna menarik sambil menunjuk dan menyebutkan objek yang ada pada gambar dengan artikulasi yang jelas serta nada baca yang gembira dan bersemangat. Para ahli berpendapat bahwa isi buku yang dibacakan dengan jelas dan perlahan lebih mudah ditangkap dan diikuti oleh bayi. Teknik ini akan melatih indera pendengaran serta keterampilannya memproduksi bunyi bahasa sendiri. Sesekali biarkan bayi menarik-narik, mengemut, dan bereksplorasi dengan bukunya. Ini memberinya kesempatan untuk belajar memahami objek yang disentuhnya.

Sudahkah Anda membacakan buku kepada bayi sejak dini? [ ]

Sumber: orami.co.id

5

Red: admin

Editor: iman

903