Doa Ketika Mendapat Mimpi Buruk, Ini Yang Diajarkan Rasul

0
247
Mendaknya menceritakan ketika mendapat mimpi baik dan jangan ceritakan tentang mimpi buruk ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Ada yang menyebutkan bahwa mimpi adalah bunganya orang tidur yang diangga hanya sekedar mimpi semata. Namun bagia sebagian orang mimpi bisa dianggap sebagai hal yang penuh dan ada maknanya.

Secara umum mimpi digolongkan dua saja yakni mimpi baik dan mimpi buruk. Mimpi baik adalah mimpi yang menyenangkan dan penuh harapan untuk menjadi kenyataan. Sebaliknya, mimpi buruk adalah mimpi yang meresahkan, menakutkan, dan menimbulkan ketidaknyamanan serta tak ingin menjadi kenyataan.

iklan

Jika mendapat mimpi baik tentu harus bersyukur semoga menjadi kenyataan. Lalu jika mendapat mimpi buruk maka dianjurkan untuk berdoa dan memohon perlindungan Allah Swt dari niat dan keburukan mimpi tersebut dari godaan setan. Doanya adalah,

 

Allaahumma innii a‘uudzubika min ‘amalis syaithaani wasay’aatil ahlaami

 

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Allah dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk.” (H.R. Ibnu As-Sani)

 

Berbeda dengan mimpi baik yang boleh diceritakan kepada orang lain, mimpi buruk tidak boleh diceritakan. Abu Salamah bin Abdurrahman mengatakan bahwa dirinya mendengar Abu Qatadah berkata, “Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda,

 

‘Mimpi itu berasal dari Allah, sedangkan khayalan berasal dari setan. Apabila salah seorang di antara kalian bermimpi melihat sesuatu yang disenangi, hendaklah dia menceritakannya kepada orang yang disukainya, dan bila bermimpi buruk sebaiknya jangan diceritakan, namun hendaklah meludah ke kiri sebanyak tiga kali ketika terbangun dan hendaklah dia mohon perlidungan dari Allah dengan mengucapkan ta‘awwudz karena mimpi buruk itu tidak akan mendatangkan mudarat sedikit pun.’”

 

Dalam riwayat lain, Abu Salamah berkata, “Sesungguhnya aku pernah bermimpi diimpit oleh sesuatu yang sangat berat, lebih berat dari gunung, di kala aku mendengar hadis ini, aku tidak peduli lagi dengan mimpi-mimpi seperti itu.”

Sementara, riwayat dari Jabir menyebutkan bahwa apabila bermimpi buruk, hendaklah meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan meminta perlindungan kepada Allah dari gangguan setan sebanyak tiga kali pula dan mengubah posisi tidur ke posisi yang lain.

Dalam kondisi kita saat ini, memang sangatlah tidak mungkin ketika mendapatkan mimpi buruk, kita meludah di atas tempat tidur. Jadi, yang sangat dianjurkan adalah membaca doa tersebut. Semoga kita selalu mendapatkan kebaikan meski hanya sekedar mimpi. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ DOA ORANG-ORANG SUKSES “ karya Dr.Aam Amiruddin,M.Si

buku doa

5

Red: admin

Editor: iman

903

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .