Bukti Kita Cinta Pada Al-Quran, Ini Indikasinya

0
284
Al Quran adalah salah satu wujud cinta Allah kepada orang beriman ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Assalamu’alaykum.Pak Ustadz mohon dijelaskan bagaimana bukti bahwa kita mencintai Al Quran? Apakah dengan membacanya saja sudah dianggap cukup mencintai Al Quran? Mohon nasihatnya. (Novia via fb)

Wa’alaykumsalam Wr Wb. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah Swt. Kita patut bersyukur bahwa Allah menganugerahi kepada manusia adanya perasaan cinta. Jika kita merujuk pada pendapat para ahli psikologi maka unsur-unsur cinta itu meliputi : perhatian (care), tanggung jawab (responsibility), hormat (respect) dan adanya pengetahuan (knowledge).

iklan

Demikian juga orang yang didalam hatinya perasaan cinta kepada sesuatu maka bisa terlihat dari beberapa indikatornya, seperti adanya perasaan rindu, kagum, menerima apa adanya, rela berkorban dan timbul kebahagian jika dekat atau bersamanya.

Untuk itu makna mecintai Al-Qur’an artinya merasa kagum dengan pesan-pesan yang terkandung didalamnya, rindu untuk selalau membacanya, menerima apapun yang dijelaskannya dan siap berkorban dalam mengamalkannya termasuk berkorban untuk membelanya sekiranya adanya yang melecehkannya.

Bukti atau wujud bahwa seorang muslim itu mencintai Al Quran maka sesuai dengan pentunjuk Al-Qur’an itu sendiri ada sikap nyata atau ciri-cirinya.Beberapa bukti bahwa kita atau selaku kaum muslim mencintai Al Quran adalah sebagai berikut:

 

  • Yakin bahwa qur’an datang dari Yang Maha Bijaksana dan Maha Tahu (baca QS. An-naml 27:6)
  • Yakin bahwa Al-Qur’an itu sumber petunjuk paling lurus dan paling benar (baca QS. Al-Isra 17:9)
  • Yakin bahwa Al-Qur’an itu obat dan rahmat (baca QS. Al-Isra 17:82)
  • Yakin bahwa dalam Al-Qur’an itu banyak pelajaran (bahan renungan) (baca QS. Al-Kahfi 18:54 &  Al-Isra 17:89)
  • Yakin bahwa Al Qur’an itu sangat agung sampai gunung pun bisa pecah (baca QS. Al-Hasyr 59:21).
  • Apabila akan membaca Al-Qur’an harus berlindung pada Allah dari godaan syetan (baca QS. An-Nahl 16:98 )
  • Siap dan rela menyimak Al-Qur’an dengan khusyu (baca QS. Al-A’raf 7:204 )
  • Selalu terbuka menerima nasihat-nasihat Al-Qur’an (QS. Al-Furqan 25:73)
  • Rajin mentadabburi Al-Qur’an (baca QS. An-Nisa 4:82 & QS. Muhammad 47:24 )

Inilah beberapa indikasi bahwa kita selaku muslim mencintai Al Quran, yang bisa disebut sebagai “surat cinta” Allah kepada kaum muslim. Jadi tidak sekedar membaca apalagi hanya menyimpan Al Quran di lemari saja.

Termasuk tanda mencitai Al Quran adalah membela jika ada orang yang melecehkan atau merendahkan Al Quran.

Logikanya sederhana bagaimana sesuatu yang kita muliakan, diyakini kebenarannya kemudian dilecehkan orang lain. Orang boleh tidak percaya (kafir) namun tidak boleh melecehkannya apa yang kita yakini kebenarannya. Kita pun tidak boleh melecehkan kitab atau ajaran mereka.

Jadi sekali secara sederhana cara kita mencintai Al Quran adalah meyakini (mengimani),membaca, mempelajari, mengamalkannya kemudian mendakwahkan atau menyampaikan kebenaran Al Quran. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: admin

Editor: iman

910

Tafsir Juz Amma