Makna Kehadiran Anak Dalam Keluarga

0
234
Membersamai buah hati dengan kualitas waktu (foto: pixabay)
Membersamai buah hati dengan kualitas waktu (foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Berbicara tentang anak, ada tiga tipe anak yang perlu kita ketahui. Seperti dijelaskan dalam buku “ Insya Allah Sakinah “ karangan Dr. Aam Amiruddin, M.Si berikut ini yang perlu diketahui ayah bunda:

  1. Zinatul hayat,

Anak yang menjadi perhiasan. Sama halnya dengan harta, anak pun bisa menjadi perhiasan kita di dunia. Hal ini dijelaskan dalam ayat berikut.

iklan

“Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Namun, amal kebajikan yang dilakukan terus-menerus lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan,” (Q.S. Al-Kahf [18]: 46).

Jadi, maksud dari anak yang menjadi perhiasan adalah anak yang membanggakan keluarganya. Misalnya, anak yang berprestasi di sekolah atau di bidang yang dia gemari.

 

  1. Fitnatun

Anak yang menjadi sumber penderitaan. Berbeda dengan zinatul hayat, anak yang menjadi sumber penderitaan tentu bukan membanggakan, melainkan malah merusak kehormatan keluarga.

Hal ini dijelaskan dalam Al Quran dalam ayat yang berbunyi,

“Sesungguhnya, hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan bagimu, dan di sisi Allah ada pahala besar,” (Q.S. At-Tagābun [64]: 15).

  1. Qurrota a’yun

Anak yang menjadi penyejuk hati. Boleh jadi, ada anak yang urusan duniawinya biasabiasa saja, tetapi ibadahnya luar biasa bagus. Shalat dan puasa sunnahnya tidak pernah terlewat, rajin mengaji, serta selalu membantu orangtuanya. Anak seperti ini akan menjadi penyejuk hati bagi kedua orangtuanya.

Untuk mewujudkan keluarga sakinah, anak kita harus menjadi zinatul hayat (perhiasan) dan qurrota a’yun (penyejuk hati), atau minimal menjadi qurrota a’yun saja juga sudah cukup. [ ]

5

Redaksi: admin

Editor: iman

967