Sumber Kerusakan Akhlak Pada Anak,  Orangtua atau Lingkungan ?

0
169
Anak melakukan kekerasan bisa jadi karena kurang perhatian dan kasih sayang. (ilustrasi foto: pixabay)

PARENTINGISLAM.ID – – Setiap orangtua ingin anak-anaknya menjadi orang sukses. Ingin anak-anaknya menjadi orang shaleh shalehah. Namun kadang dalam usahanya tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh orangtuanya.

Tidak sedikit anak-anak yang gagal dan tidak menjadi yang sesuai harapan orangtua. Dalam ini tidak sedikit orang menyalahkan orang lain bahkan lingkungan yang menyebabkan kegagalan atau kerusakan akhlak anak yang menyababkan kegagalan anak.

Benarkah demikian? Sebenarnya siapa yang menjadi sumber kerusakan anak itu? Orangtua atau lingkungan?

iklan

Coba kita simak penjelasannya berikut ini. Perhatikan Anak-anak-mu, karna anak adalah amanah yang akan dipertanggung jawabkan kelak.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menjelaskan,“Kebanyakan kerusakan anak disebabkan karena orangtua mereka, mereka menelantarkannya dan tidak mengajarkan anak ilmu dasar-dasar wajib agama dan sunnah-sunnahnya. Mereka menyia-nyiakan anak-anak di masa kecil mereka.” (Tuhfatul Maulud hal. 387)

Lebih jelas lagi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Seseorang akan sesuai dengan kebiasaan atau sifat sahabatnya. Oleh karena jtu, perhatikanlah siapa yang akan menjadi sahabat kalian.” (HR. Abu Dawud, shahih)

Dengan demikian meski lingkungan turut mempengaruhi akhlak anak namun jika dirunut maka sebenarnya orangtua lah yang menjadi sumbernya. Semoga tidak demikian dengan Anda sebagai orangtua. [ ]

4

Redaksi: admin

Editor: iman

870