Adab Tidur Rasulullah, Ini Yang Harus Diajarkan Pada Anak

0
89
Jangan lupa saat menjelang tidur juga dimanfaatkan untuk mengajari adab ( Ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam Islam aktivitas tidur baik sebelum maupun sesudah, bukan hal yang sepele. Tidur adalah bagian dari ibadah, maka itu perlu adanya adab.

Cara tidur yang dicontohkan oleh Rasulullah yang hidup di zaman dahulu ternyata terbukti secara ilmiah sebagai cara tidur yang benar di zaman yang modern ini.

iklan

 

  • Rasulullah selalu menganjurkan untuk senantiasa menjaga wudhunya dan mengambil wudhu sebelum tidur adalah salah satu etika tidur dalam Islam.

 

  • Rasulullah juga selalu memerintahkan umatnya untuk memadamkan lampu sebelum tidur.

 

  • Saat tidur, posisi Rasulullah selalu miring ke kanan dan meletakkan tangannya pada pipi sebelah kanan. Penelitian juga membuktikan bahwa tidur dengan arah miring ke kanan dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

 

  • Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk tidur dalam keadaan terlentang ataupun tengkurap, karena posisi tidur tengkurap sangat tidak disukai Allah dan merupakan posisi tidur syaitan.

 

  • Rasulullah selalu tidur di awal malam atau selepas shalat isya dan bangun untuk shalat tahajud dan ibadah lainnya seperti membaca Al-Qur’an ataupun berdzikir.

Demikian adab atau cara tidur yang Rasulullah Saw lakukan yang secara langsung dicontohkan kepada kita untuk diikuti. Untuk itu adab tidur ini perlu diajarkan kepada anak-anak agar menjadi kebiasaan yang bernilai ibadah. [ ]

4

Red: admin

Editor: iman

881