Makna Keluarga Sakinah: Tempat Aktualisasi Diri Dalam Ketakwaan

0
126
Keluarga Sakinah ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Aktualisasi di sini berarti, baik suami maupun istri mampu mengaktualisasikan dirinya dalam keluarga. Atau sederhananya, menghargai keberadaan anggota keluarga lainnya.

 

iklan

Suami menghargai dan memuji istri ketika anak-anak berprestasi di sekolah merupakan salah satu bentuk pengaktualisasian diri istri oleh suaminya.

 

Begitu pula ketika istri menghargai dan memuji suami yang tak kenal lelah bekerja untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan keluarga, ini merupakan bentuk pengaktualisasian diri suami oleh istrinya.

 

Dan, ketika anak memperoleh nilai yang tidak terlalu memuaskan di sekolah, orangtua terus menyemangati dan mendoakan supaya anaknya lebih baik, ini bentuk pengaktualisasian diri anak oleh orangtuanya.

 

Selain tempat aktualisasi diri, kita juga harus menjadikan keluarga sebagai tempat aktualisasi ketakwaan. Artinya, kita mengabdikan diri kita kepada Allah Swt. lewat ketakwaan kita pada pasangan dengan menjalankan hak dan kewajiban kita sebagai suami atau pun istri.

 

Tetapi, yang perlu diingat adalah bahwa kita bukan mengabdi kepada pasangan, karena pasangan berperan sebagai sarana aktualisasi ketakwaan saja, sementara tujuan utamanya tentu mengabdi kepada Allah Swt. Wallahu’alam. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ INSYA ALLAH SAKINAH “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

 

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: admin

Editor: iman

907