Shalat Hajat Khusus Melunasi Hutang, Apakah Dicontohkan Rasul ?

0
121
Shalat adalah bagian dari doa-doa ( foto: pixabay )
Shalat adalah bagian dari doa-doa ( foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Ada beberapa ibadah khususnya shalat sunah yang diajarkan orang atau disarankan kepada seseorang, namun ibadah atau shalat sunah tersebut tidak diajarkan Rasulullah Saw. Misalnya shalat untuk melunasi utang.

Seperi dipahami sebagian orang bahwa shalat ini jumlah rakaat shalat ini adalah empat rakaat dengan dua kali salam. Setelah membaca Al-Fātiĥah, pada rakaat pertama membaca surat Al-Falaq 10 kali dan pada rakaat kedua membaca surat Al-Kāfirūn 10 kali. Setelah salam, membaca doa,

iklan

Mahasuci Allah Yang Kekal Yang Abadi, Yang Maha Esa, Yang Mahatunggal. Mahasuci Allah tempat bergantung, Yang mengangkat langit tampa tiang, Yang menyendiri, tidak memiliki pasangan dan tidak memiliki anak.

 

Kemudian, shalat lagi dua rakaat. Setelah Al-Fātiĥah, pada rakaat pertama membaca surat At-Takatsur dan Al-’Ashr, masing-masing tiga kali, dan pada rakaat kedua membaca surat Az-Zalzalah dan Al-Ikhlāś, masing-masing tiga kali. Setelah salam, sujud sambil membaca doa berikut tujuh kali,

Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kemudahan dalam setiap kesulitan karena sesungguhnya ada kemudahan dalam setiap kesulitan dan Engkau adalah sumber semua kemudahan.

Setelah itu, bangkit dari sujud, duduk, dan membaca bacaan berikut 10 kali.

Kepunyaan Allah-lah segala puji. Tuhan seluruh langit, seluruh bumi, dan semesta alam. Dan bagi-Nya kekuasaan langit dan bumi. Dialah Yang Mahagagah dan Mahabijaksana.”

Dipercaya, Allah akan membayar utang orang yang melaksanakan shalat tersebut. Namun sekalih lagi bahwa shalat sunah demikian tidak ada dalilnya yang shahih.

Tidak ada satu pun dalil bahwa Rasululullah Saw memberi contoh shalat ini. Dengan demikian shalat sunah untuk melunasi utang tidak perlu diamalkan. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ MELANGKAH KE SURGA DENGAN SHALAT SUNAT “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si.

buku shalat wudhu

5

Red: admin

Editor: iman

908