Keluarga Sakinah Itu Tempat Saling Belajar Sepanjang Kebersamaan

0
109
keluarga
Keluarga adalah tempat belajar bersama sepanjang hayat ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa keluarga atau rumah tangga adalah universitas kehidupan. Dari pasangan atau buah hati, kita akan senantiasa mempelajari hal-hal baru yang akan menambah khazanah pengetahuan kita.

 

iklan

Dari seorang istri, kita akan mempelajari betapa lembutnya perasaan seorang wanita yang membuatnya dapat berurai air mata, kapan saja di mana saja, saat hati atau harga dirinya merasa dilukai.

 

Dari seorang suami, kita akan mempelajari cara pandang dari sudut logika sehingga kita dapat memahami sebuah permasalahan secara apa adanya tanpa ada tendensi atau pendapat pribadi yang lebih banyak diselimuti oleh perasaan.

 

Dari anak-anak, kita akan mempelajari bahwa zaman telah berubah sedemikian drastisnya sehingga kita tidak bisa menggunakan cara pandang zaman dahulu dalam memahami pola pikir dan perilaku anak zaman sekarang.

 

Anda tentu pernah melihat sebuah keluarga yang hanya salah satu dari anggota keluarga tersebut yang shaleh atau prestasi akademiknya yang menonjol.

 

Misalnya, dalam keluarga tersebut hanya suaminya yang shaleh atau hanya istrinya yang haus akan ilmu pengetahuan dan meraih gelar akademik yang tinggi.

 

Ketimpangan semacam ini hendaknya tidak terjadi kalau kita memaknai keluarga sebagai tempat untuk saling berbagi atau bertukar ilmu. Seorang suami yang shaleh hendaknya senantiasa mengajak istrinya atau anggota keluarga lain untuk mengerjakan amalan-amalan shaleh.

 

Seorang istri yang melek ilmu hendaknya menularkan semangatnya dalam mencari ilmu kepada suami dan anak-anaknya sehingga mereka meraih level intelektual yang minimal tidak terlampau jauh dengan level pendidikan yang dimilikinya saat ini.

 

Ya, dalam rumah tangga atau keluarga sakinah, kita akan terus belajar dan tidak boleh berhenti kecuali saat roh terlepas dari raga. [ ]

 

Sumber: dikutip dari buku “ INSYA ALLAH SAKINAH “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

5

Red: admin

Editor: iman

806