Cara Tayamum Saat Mengusap Tangan, Begini Yang Dicontohkan Rasul

0
106
Tayamum dilakukan dalam keadaan darurat dan tidak ada air ( ilustrasi foto: wikipwedia)

PERCIKANIMAN.ID – –  Assalamu’alaykum. Pak Aam, saat ini saya dalam keadaan sakit yang belum boleh terkena air sehingga harus tayamum. Dalam bertayamum, apakah mengusap tangan itu sampai siku atau hanya sampai pergelangan tangan? Apakah satu tepukan ataukah dua tepukan? Mohon penjelasannya dan mohon doanya. Terima kasih. ( Bayu via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Tayamum adalah pengganti wudhu dikala kondisi darurat, misalnya tidak ada air sama sekali atau dalam kendaraan maka tayamum cukup dengan debu yang menempel di dinding atau kaca.

iklan

 

Meski sebagai pengganti wudhu namun dalam bertayamum berbeda dengan berwudhu khususnya dalam membasuh atau mengusap anggota wudhu. Dalam bertayamum cukup mengusap muka dan tangan saja.

 

Dalil pendukung dari tata cara di atas dapat dilihat dalam hadits ‘Ammar bin Yasir sebagai berikut ini.

 

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فَقَالَ إِنِّى أَجْنَبْتُ فَلَمْ أُصِبِ الْمَاءَ . فَقَالَ عَمَّارُ بْنُ يَاسِرٍ لِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ أَمَا تَذْكُرُ أَنَّا كُنَّا فِى سَفَرٍ أَنَا وَأَنْتَ فَأَمَّا أَنْتَ فَلَمْ تُصَلِّ ، وَأَمَّا أَنَا فَتَمَعَّكْتُ فَصَلَّيْتُ ، فَذَكَرْتُ لِلنَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيكَ هَكَذَا » . فَضَرَبَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – بِكَفَّيْهِ الأَرْضَ ، وَنَفَخَ فِيهِمَا ثُمَّ مَسَحَ بِهِمَا وَجْهَهُ وَكَفَّيْهِ

 

Ada seseorang mendatangi ‘Umar bin Al Khottob, ia berkata, “Aku junub dan tidak bisa menggunakan air.” ‘Ammar bin Yasir lalu berkata pada ‘Umar bin Khottob mengenai kejadian ia dahulu, “Aku dahulu berada dalam safar. Aku dan engkau sama-sama tidak boleh shalat. Adapun aku kala itu mengguling-gulingkan badanku ke tanah, lalu aku shalat. Aku pun menyebutkan tindakanku tadi pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lantas beliau bersabda, “Cukup bagimu melakukan seperti ini.” Lantas beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mencontohkan dengan menepuk kedua telapak tangannya ke tanah, lalu beliau tiup kedua telapak tersebut, kemudian beliau mengusap wajah dan kedua telapak tangannya.” (HR. Bukhari no. 338 dan Muslim no. 368)

Dalam menepukkan kedua telapak tangan untuk tayamum, terdapat beberapa hadis yang menyebutkan bahwa menepukkan kedua telapak tangan tersebut dua kali; satu kali untuk wajah dan satu kali untuk tangan. Hal ini terungkap dalam hadis berikut.

Tayamum itu dua tepukan, satu tepukan untuk wajah dan satu tepukan untuk tangan sampai siku.” (H.R. Dharaquthni dari Ibnu Umar r.a.)

Namun menurut muhaditsin atau para ahli hadits, ini hadits dianggap mauquf, artinya bukan sabda Rasul, tetapi perkataan Ibnu Umar dan juga dalam sanadnya terdapat rawi yang dhaif (lemah). Rupanya, hadits ini tidak begitu kuat untuk diamalkan.

Tentunya akan lebih baik untuk mengamalkan hadits yang lebih kuat saja, yaitu riwayat Imam Bukhari yang menyatakan bahwa Rasulullah bertayamum dengan satu tepukan untuk wajah dan telapak tangannya hingga pergelangan.

Kemudian dalam riwayat Imam Muslim disebutkan,

ثُمَّ ضَرَبَ بِيَدَيْهِ الأَرْضَ ضَرْبَةً وَاحِدَةً ثُمَّ مَسَحَ الشِّمَالَ عَلَى الْيَمِينِ وَظَاهِرَ كَفَّيْهِ وَوَجْهَهُ

Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menepuk kedua telapak tangannya ke tanah dengan sekali tepukan, kemudian beliau usap tangan kiri atas tangan kanan, lalu beliau usap punggung kedua telapak tangannya, dan mengusap wajahnya.”

Kita doakan semoga Anda lekas sembuh dan sehat kembali. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat.

Nah, untuk penjelasan tentang wudhu dan tayamum ini silakan baca buku-buku saya tentang shalat. Disitu ada penjelasan yang lengkap dengan dalil yang insya Allah shahih.  Wallaahu a‘lam bishshawab. [ ]

buku shalat wudhu

5

Red: admin

Editor: iman

908

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 0811220246 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .