Al Quran dan Sains Jelaskan Indra Pendengaran Bayi Saat Dalam Kandungan

0
126
Pda usia 25 minggu, janin sudah dapat mendengar serta mengenali suara orang-orang terdekat seperti ibu dan ayah. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu indra manusia yang paling awal berkembang ialah pendengaran. Secara sains, indra pendengaran pada janin mulai berkembang pada minggu ke-8 dan akan selesai mengalami pembentukan pada minggu ke-24.

Dalam buku ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr. Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, melalui air ketuban sebagai penghantar, pendengaran janin juga semakin baik. Saat berada dalam kandungan, janin mulai bisa mendengar suara aliran darah melalui plasenta serta mendengar suara denyut jantung dan suara udara yang terdapat dalam usus.

iklan

Sang janin diketahui mulai bereaksi terhadap suara-suara keras, beberapa suara keras bahkan dapat membuat janin terkejut.

Masuk usia 25 minggu, janin sudah dapat mendengar serta mengenali suara orang-orang terdekat seperti ibu dan ayah.

Berikutnya, memasuki usia minggu ke-27 indra penglihatan mulai berkembang. Janin untuk pertama kalinya mulai dapat membuka matanya serta melihat ke sekeliling.

Pada masa ini, mata janin dapat menangkap cahaya yang masuk ke dalam rahim ibu. Fase perkembangan indra sudah diterangkan dalam Al Quran.

(9). ثُمَّ سَوَّاهُ وَنَفَخَ فِيهِ مِنْ رُوحِهِ ۖ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۚ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ

Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, tetapi kamu sedikit sekali bersyukur,” (QS.As-Sajdah:9)

Dalam ayat tersebut terungkap bahwa indra pendengaran telah berkembang terlebih dahulu sebelum indra penglihatan. Inilah salah satu tanda-tanda kebesaran Allah bahwa penyataan dalam Alquran selaras dengan ilmu pengetahuan. [ ]

4

Red: admin

Editor: iman

903