Waktu dan Rakaat Shalat Dhuha

0
233
Keutamaan shalat sunnah ( ilustrasi foto: pixabay )

PERCIKANIMAN.ID – – Permulaan shalat Dhuha adalah ketika matahari sudah naik kira-kira sepenggal (sekitar pukul 07.00 atau pukul 08.00) dan berakhir pada sekitar pukul 10.00. Hal itu sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan dari Zaid bin Arqam.

Dia melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha (pada waktu yang belum begitu siang), maka dia berkata, “Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat Dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama karena sesungguhnya Rasulullah Saw. bersabda, “Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari” (H.R. Muslim).

iklan

Anak-anak unta sudah bangun karena panas matahari diqiyaskan dengan pukul 07.00 pagi. Adapun sebelum jam itu dianggap belum ada matahari yang sinarnya dapat membangunkan anak unta.

Bilangan Rakaat Shalat Dhuha

Shalat Dhuha bisa dilaksanakan dua rakaat, empat rakaat, bahkan sampai delapan rakaat. Keterangan-keterangan yang menguatkan hal tersebut adalah sebagai berikut.

Dari Mua‘dz r.a., dia bertanya kepada Aisyah r.a., “Berapa jumlah rakaat Rasulullah Saw. ketika menunaikan shalat Dhuha?” Aisyah menjawab, “Empat rakaat dan beliau menambah bilangan rakaatnya sebanyak yang beliau suka” (H.R. Muslim dan Ibnu Majah).

Ummu Hani r.a. berkata, “Rasulullah Saw. berdiri untuk mandi, maka Fatimah menghalanginya, lalu beliau mengambil pakaiannya kemudian berselimut dengan pakaian itu, lalu shalat delapan rakaat shalat sunah Dhuha” (H.R. Muslim).

Dari keterangan tersebut, telah jelas bahwa Rasulullah Saw. melaksanakan shalat Dhuha dengan dua rakaat, empat rakaat, atau delapan rakaat. Beberapa keterangan sahih menyebutkan bahwa semua shalat itu dilakukan dengan satu kali salam. Namun, ada juga keterangan yang menyebutkan salam setiap dua rakaat. [ ]

Sumber: disarikan dari buku “ JANGAN HANYA 5 WAKTU “ karangan Dr.Aam Amiruddin, M.Si

5

Red: admin

Editor: iman

975