Cara Membasuh Tangan Saat Wudhu, Sekali atau Tiga Kali?

0
198
wudhu

PERCIKANIMAN.ID – – Berwudhu adalah salah satu syarat sah shalat selain bertayamum. Dalam berwudhu anggota badan yang wajib terkena wudhu harus dilakukan dengan sempurna.

Dalam Surah Al-Maa’idah [5] ayat 6 telah disebutkan bahwa membasuh tangan hingga siku hukumnya wajib, namun pada ayat tersebut tidak dijelaskan berapa kali kita harus membasuh tangan.

iklan

Oleh karena itu, para pakar menyimpulkan bahwa membasuh tangan hingga siku dilakukan minimal satu kali, tetapi akan lebih afdal atau disunahkan kalau membasuhnya sebanyak tiga kali.

Hal itu diperkuat dengan hadis sahih Muslim yang menjelaskan bahwa Utsman bin ‘Affan r.a. pernah memeragakan cara wudhu Rasulullah Saw. Katanya, Rasulullah Saw. membasuh tangan kanannya hingga siku sebanyak tiga kali, lalu tangan kirinya juga tiga kali.

Untuk lebih sempurna saat membasuh tangan, Rasulullah Saw. menganjurkan untuk menyela-nyela jari tangan. “Apabila kamu berwudhu, sela-selalah jari-jarimu” (H.R. Tirmidzi).

Di samping itu, ada dua pendapat mengenai cara membasuh kedua tangan dalam berwudhu.

Pertama, membasuh tangan secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri. Maksudnya, tangan kanan lalu tangan kiri, kemudian tangan kanan lagi lalu tangan kiri. Begitu hingga tiga kali.

Pendapat itu berdasarkan pada keterangan berikut. “…. kemudian memasukkan tangannya dan mengeluarkannya (sambil mengambil cidukan air) untuk mencuci kedua tangannya sampai siku …” (H.R. Muslim).

Pendapat kedua, membasuh tangan kanan dahulu sebanyak tiga kali, setelah itu baru membasuh tangan kiri sebanyak tiga kali. Keterangan itu berdasarkan dalil berikut.

“… kemudian mencuci tangannya yang kanan sampai siku tiga kali, kemudian mencuci tangannya yang kiri seperti itu, …” (H.R. Muslim).

Kedua cara tersebut masing-masing memiliki dalil yang kuat. Artinya, kita boleh memilih cara mana saja yang paling nyaman. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ JANGAN HANYA 5 WAKTU “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

5

Red: admin

Editor: iman

973