5 Keutamaan Bagi Orang Yang Menuntut Ilmu

0
113
Belajar atau menuntut ilmu itu tidak kenal usia ( ilustrasi foto: idn times)

PERCIKANIMAN.ID – – Ilmu merupakan kunci hidup dan dalam menjalani kehidupan dunia bahkan hingga akhirat nanti. Ilmu diperlukan untuk menyelesaikan segala persoalan, baik persoalan yang berhubungan dengan kehidupan beragama maupun persoalan yang berhubungan dengan kehidupan duniawi.

Ilmu diibaratkan dengan cahaya, karena ilmu memiliki fungsi sebagai petunjuk kehidupan manusia, pemberi cahaya bagi orang yang ada dalam kegelapan.

iklan

Orang yang mempunyai ilmu mendapat kehormatan di sisi Allah dan Rasul-Nya. Banyak ayat Al-Qur’an yang mengarah agar umatnya mau menuntut ilmu,

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat “ (QS.Al-Mujadalah : 11)

Ilmu juga diperlukan untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia ataupun di akhirat kelak. Jadi tidak benar anggapan bahwa ilmu hanya bermanfaat selama manusia hidup di dunia saja. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah Saw dalam hadisnya,

Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, mak ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu “(HR. Thabrani).

Selain sebagai kunci dalam menjalani hidup,ada beberapa keuntungan yang akan didapat seorang yang mempunyai ilmu,yakni:

  1. Ilmu Adalah Cahaya

Allah Ta’ala berfirman:

Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan . Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS.Al-Maidah 15- 16)

Dengan memiliki ilmu seseorang tidak akan tersesat dan Al Qur’an adalah sumber ilmu yang telah dihadiahkan kepada hamba-Nya yang terpilih.

 

  1. Ilmu Merupakan Tanda Kebaikan Seorang Hamba

Sebagai salah satu bentuk cinta-Nya kepada hamba-Nya maka Allah akan memberikan kepahaman dengan memberikan anugerah berupa ilmu. Untuk itu sudah sewajarnya ia senantiasa bersyukur kepada-Nya. Hal ini seperti yang disampaikan Rasulullah Saw dalam bersabda:

Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka Ia akan difahamkan tentang agamanya.” (Muttafaq Alaihi dari Muawiyah bin Abi Sufyan Radhiallahu anhuma)

  1. Ilmu Agama Menyelamatkan Dari Laknat Allah.

Rasulullah Saw bersabda:

Sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan- amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar.” (HR.Tirmidzi, Ibnu Majah)

Semua orang tentu menginginkan kebaikan hidup dengan penuh keselamatan dan terhindar dari sifat kecelakaan yang akan merugikan dirinya. Maka dengan berilmu Allah akan memberikan keselamatan baginya.

  1. Menuntut Ilmu Adalah Jalan Menuju Surga

Demikian juga dengan kehidupan kelak di akhirat, semua orang menginginkan kehidupan yang nyaman dan membagiakan yakni kehidupan surga. Ada banyak jalan meniti surga Allah, salah satunya adalah dengan rajin belajar dan menuntut ilmu. Hal ini berdasar pada sabda Rasulullah Saw:

Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim )

  1. Ilmu Lebih Utama Dari Ibadah

Sebagian orang masih ada yang beranggapan bahwa yang penting banyak amal shaleh sehingga mampu mengumpulkan pahala dari Allah yang banyak. Namun harus dipahami bahwa untuk beramal tersebut harus disertai dengan ilmu atau dalil.

Jika amal tidak ada dalil atau dasarnya maka bisa masuk kategori bid’ah yang justru bisa menjerumuskannya ke dalam kebinasaan. Rasulullah Saw telah mengingatkan kepada umatnya tentang pentingnya ilmu ini.

Sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah, seperti keutamaan bulan dimalam purnama dibanding seluruh bintang- bintang.” (HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah )

Dalam hadis lain yang diriwayatkan An Nasa’i, Rasulullah Saw bersabda:

 Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan yang disesatkan oleh Allah tidak ada yang bisa memberi petunjuk padanya. Sesungguhnya sebenar-benar perkataan adalah Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan dan setiap kesesatan tempatnya di neraka” (HR. An Nasa’i )

Dengan sedikit kita mengetahui keutamaan yang berilmu tersebut hendaknya mampu menjadi motivasi bagi kita untuk selalu belajar dan belajarnya. Sebab dengan semakin banyak belajar maka akan terasa sedikit atau kecilnya pengetahuan yang kita miliki. Jadi jangan malas untuk belajar. [ ]

4

Red: ali

Editor: iman

850