Tempat Terlarang Mengerjakan Shalat, Perhatikan 3 Lokasi Ini

0
275
Ada beberapa tempat yang tidak boleh atau terlarang untuk mengerjakan shalat. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Dalam beberapa hadis shahih, terdapat beberapa keterangan mengenai tempat terlarang mengerjakan shalat, yaitu sebagai berikut.

Pertama, kuburan dan kamar mandi.

iklan

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Saw., “Seluruh bumi ini adalah masjid, kecuali kuburan dan kamar mandi” (H.R. Abu Daud).

Kedua, tempat ibadah agama lain, terlebih tempat yang terdapat patung di dalamnya.

Keterangan ini dapat kita baca dalam hadits dari Umar r.a. berkata, “Kami tidak mau memasuki gereja kalian (shalat) disebabkan patung-patung yang terdapat di dalamnya, yakni gambar-gambar.” (H.R. Bukhari)

Ketiga, kandang unta.

Terkait larangan ini dapat kita baca dalam keterangan hadits dari Abu Hurairah r.a. berkata, telah bersabda Rasulullah Saw., “Kalian boleh shalat di kandang kambing, tetapi jangan shalat di kandang unta.” (H.R. Tirmidzi)

Selain itu, ada pula keterangan yang menyebutkan tempat-tempat yang sangat tidak layak dijadikan tempat shalat, sebersih apa pun tempat tersebut, yaitu shalat di tempat pembuangan sampah dan tempat berlalu-lalangnya orang-orang.

Walaupun hadis-hadis tersebut dinilai dhaif, tetapi masih bisa digunakan karena tempat-tempat tersebut memang tidak pantas dijadikan sebagai tempat shalat. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ JANGAN HANYA 5 WAKTU “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

5

Red: admin

Editor: iman

904