Waktu Terlarang Mengerjakan Shalat, Perhatikan 3 Waktu Ini

0
303
Menjamak dan mengqashar shalat boleh dilakukan selama memenuhi syarat dan ketentuan syariat (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Saat akan melakukan shalat, sebaiknya kita menghindari waktu-waktu terlarang shalat. Watu-waktu terlarang tersebut adalah sebagai berikut.

 

iklan

Pertama, Rasulullah Saw. melarang shalat setelah shalat Subuh hingga matahari bersinar.

Dalam sebuah hadits Ibnu Abbas r.a. berkata, “Datanglah orang-orang yang diridhoi dan dia ridho kepada mereka yaitu Umar r.a., dia berkata bahwasanya Rasulullah Saw. melarang shalat sesudah Subuh hingga matahari bersinar …” (H.R. Bukhari)

Lalu dalam hadits yang lain dari Ibnu Umar r.a. berkata, “Rasulullah Saw. bersabda, ‘Apabila sinar matahari terbit, akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari tinggi…’” (H.R. Bukhari)

 

Kedua, sekitar 10 menit sebelum Zuhur atau saat matahari tinggi.

Hal ini berdasarkan hadits dari Uqbah bin Amir r.a., “Rasulullah Saw. melarang shalat pada tiga saat, yaitu ketika terbit matahari sampai tinggi, ketika hampir Zuhur sampai tergelincir matahari, dan ketika matahari hampir terbenam.” (H.R. Bukhari)

Kemudian dalam hadits yang lain Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah Saw. telah melarang shalat pada waktu tengah hari tepat (matahari di atas kepala) sampai tergelincir matahari, kecuali pada hari Jumat.” (H.R. Abu Daud)

Sementara itu hadits dari Ibnu Umar r.a. berkata, “Rasulullah Saw. bersabda, ‘Apabila sinar matahari terbit, akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari tinggi. Apabila sinar matahari terbenam, akhirkanlah (jangan melakukan) shalat hingga matahari benar-benar terbenam.’” (H.R. Bukhari)

 

Ketiga, sekitar 10 menit sebelum Maghrib atau saat matahari terbenam.

Keterangan ini dapat kit abaca dari hadits Uqbah bin Amir al-Juhani r.a. berkata, “Rasulullah Saw. melarang kami mengerjakan shalat atau mengubur orang yang meninggal pada tiga waktu berikut: saat matahari terbit sampai naik, saat matahari tepat di atas kepala sampai tergelincir, dan saat matahari akan terbenam sampai benar-benar terbenam.” (H.R. Muslim)

Demikian yang tersurat tentang larangan waktu dalam mengerjakan shalat. Untuk itu hendak kita memperhatikan waktu sebelum mengerjakan shalat. [ ]

Sumber: dikutip dari buku “ JANGAN HANYA 5 WAKTU “ karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

5

Red: admin

Editor: iman

904