Mandi Besar Setalah Melahirkan, Apakah Harus Menunggu 40 Hari?

0
210
Masa nifas bagi wanita melahirkan berkisar antara 40 hingga 60 hari atau bisa lebih cepat. (ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya baru melahirkan sekira 2 minggu lalu. Kata saudara kalau perempuan yang habis melahirkan itu diwajibkan untuk mandi besar. Apa benar demikian?. Menunggu 40 hari atau selesai nifas atau selesai melahirkan? Mohon penjelasannya dan terima kasih (Mell by email)

Wa’alaykumsalam.ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dimuliakan Allah. Jadi begini bahwa yang dimaksud dengan mandi wajib atau mandi besar untuk menghilangkan atau membersihkan hadats besar itu ketika hendak shalat.

iklan

Kalau wanita atau perempuan yang melahirkan maka masa nifasnya sekira 40 hari atau bisa lebih cepat lagi. Jadi bukan berarti habis atau selesai melahirkan saat itu juga.

Wiladah atau melahirkan adalah suatu keadaan yang menyebabkan hadats besar dan karena itu orang yang mengalaminya harus mandi junub (ghusl) ketika hendak melaksanakan shalat.

Ketika selesai melahirkan seorang perempuan akan mengalami masa nifas. Selama masa nifas ini seorang perempuan tidak ada kewajiban untuk melaksanakan shalat atau puasa.

Wanita nifas sama dengan wanita haid dalam arti tidak boleh melaksanakan shalat atau puasa. Artinya, karena Anda sedang dalam keadaan nifas maka Anda tidak kewajiban shalat sehingga walaupun lupa untuk mandi wiladah tidak apa-apa karena toh tidak dapat melaksanakan shalat karena sedang nifas.

Masa nifas yaitu keluarnya darah karena melahirkan yang biasanya berkisar antara 40 hari sampai 60 hari. Masa nifas ini  di zaman Nabi Saw terjadi yakni sekira 40 harian. Hal ini salah satunya karena ilmu pengetahuan dan perkembangan kedokteran belum moderen seperti sekarang ini.

Namun saat ini dengan kemajuan ilmu kesehatan khususnya kedokteraan yang dibantu dengan obat-obatan moderen bisa jadi masa nifas bisa lebih cepat, ada yang hanya 2 minggu atau mungkin karena kesehatan ibu yang melahirkan cukup baik dan mengkonsumsi obat-obatan maka masa nifas bisa hanya 10 hari.

Para ulama telah ber ijma’ mengatakan bahwa wajib mandi dengan sebab keluar darah nifas, termasuk di dalam perkara yang mewajibkan mandi ialah wiladah yaitu mandi kerana melahirkan, sekalipun melahirkan tanpa basah (darah).

Begitu juga bagi perempuan yang mengalami keguguran anak, walau keguguran itu hanya berupa darah beku (‘alaqah) ataupun hanya berbentuk segumpal daging (mudhghah) maka ia diwajibkan untuk mandi.

Nah, tentu jika demikian maka untuk mandi wajib atau mandi besar tidak harus menunggu sampai 40 hari. Jika dirasa masa nifas telah selesai atau Anda sudah merasa bersih dari darah usai melahirkan yang didukung dengan keterangan medis ( dokter) maka Anda wajib mandi besar sebelum 40 hari dan segera melaksakan shalat.

Dengan demikian tentu Anda tidak perlu  menunggu hingga 40 hari. Namun kalau sekedar mandi untuk kebersihan maka Anda boleh saja setelah melahirkan kemudian mandi. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: admin

Editor: iman

904