Hukum Memejamkan Mata Saat Shalat, Boleh atau Terlarang?

0
272

PERCIKANIMAN.ID – – Mulai dari takbir hingga salam, shalatlah dengan mengarahkan pandangan mata pada tempat sujud. Jangan menoleh ke kiri atau pun ke kanan.

“Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Saw. tentang menoleh ketika sedang shalat. Beliau menjawab, ‘Itu merupakan tipuan yang dilakukan setan terhadap shalat seorang hamba’” (H.R. Bukhari dari Aisyah r.a.)

iklan

Ketika sedang shalat, kita pun tidak boleh menatap ke langit. “‘Bagaimana keadaan orang-orang yang mengangkat pandangannya ke langit dalam shalatnya?’ Rasulullah Saw. menjawab, ‘Mereka hendaklah berhenti dari perbuatan itu’” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Lalu bolehkah shalat sambil memejamkan mata?

Imam Nawawi berkata, “Memejamkan mata ketika shalat menurut pendapat terbaik adalah dibolehkan dan tidak makruh jika tidak ada bahayanya. Karena boleh jadi, memejamkan mata bagi sebagian orang justru menolong untuk melahirkan kekhusyukan, mengonsentrasikan hati, dan bisa mencegah kekacauan pikiran” (Syarah al-Muhadzdzab, III: 314).

Syaikh Ibnul Qayyim menyatakan pendapat senada, “Sesungguhnya membuka mata itu lebih utama. Namun, kalau dengan membuka mata menjadi penghalang kekhusyukan, dalam kondisi ini, dibolehkan atau tidak makruh memejamkan kedua mata. Pendapat seperti ini lebih dekat dengan sendi-sendi syariat” (Zaad al-Ma’ad, I: 99).

Sumber: dikutip dari buku “JANGAN HANYA 5 WAKTU” karya Dr. Aam Amiruddin, M.Si

5

Red: admin

Editor: iman

905