Hari Arafah, Perbanyak Dengan Doa

0
185
Rasulullah ﷺ bersabda: “Tiada hari yang paling banyak Allah membebaskan hambaNya dari api neraka dari hari Arafah”. (Riwayat Muslim).

PERCIKANIMAN.ID – – Rasulullah ﷺ bersabda: “Doa terbaik adalah doa pada hari Arafah”. [Riwayat At-Tirmidzi dengan sanad hasan].

Rasulullah ﷺ bersabda: “Tiada hari yang paling banyak Allah membebaskan hambaNya dari api neraka dari hari Arafah”. [Riwayat Muslim].

iklan

 

Banyak dari kalangan para ulama yang menyimpan hajat-hajat mereka untuk mereka panjatkan kepada Allah dalam doa-doa pada Hari Arafah. Berapa banyak dosa-dosa yang diampuni dan hajat, keinginan, harapan, obsesi, cita-cita serta taubat yang dikabulkan Allah pada Hari Arafah.

 

Pada bulan Ramadhan Allah sembunyikan Lailatul Qadar sehingga kita tidak mengetahuinya secara pasti. Tapi, pada bulan Dzulhijjah Allah beritahukan kepastian hari Arafah. Apakah masih kita bermalas-malasan dan tidak bersemangat?

 

Perbanyak berdoa dan istighfar serta bertaubat pada sore Hari Arafah terutama antara Ashar sampai Maghrib. Banyak orang shaleh yang telah merasakan dan mengalaminya sendiri, mereka berkata: “Tiada satupun doa yang aku panjatkan pada hari Arafah melainkan Allah telah mengabulkannya sebelum berputar setahun”.

 

Al-Hafidh Ibnu Rajab [Wafat 795 H] rahimahullah dalam kitabnya Latha’iful Ma’arif halaman 482 dan banyak ulama lainnya yang berpendapat bahwa hari Arafah adalah hari pengampunan dosa dan pembebasan dari api neraka serta doa mustajab bagi jamaah haji yang sedang wukuf di Arafah dan bagi semua umat Islam di semua negeri.

 

Mari kita perbanyak berdoa untuk diri sendiri, kedua orang tua, keluarga, karib kerabat dan semua kaum Muslimin, bahkan semua manusia.

 

Di bawah ini beberapa doa di Hari Arafah
اللهم ارزقني توبة نصوحا قبل الموت
“Alloohummarzuqnii taubatan nasuha qoblal maut”

Artinya: Ya Allah berilah hamba rezeki taubatan nasuha sebelum hamba mati.

Perbanyak membaca doa ini terutama pada waktu, tempat dan saat mustajab. Semoga Allah tutup usia kita dalam keadaan sudah bertaubat dari semua dosa dan kesalahan kita dengan taubatan nasuha yang baik lagi benar.

 

Agar di Mudahkan Haji, Umrah dan Ziarah

 

Perbanyak membaca doa ini;
اللهم صَل على محمد وعلى آل محمد،
يا رب وارزقني الحج والعمرة والزيارة في خير وعافية
Cara membacanya; “Alloohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad, Ya Robb, warzuqni al-hajja, wal ‘umroh waz ziyaaroh fii khoirin wa ‘afiyah”.

Artinya; Ya Allah curahkan shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Rabb, berilah hamba rezeki haji, umrah dan ziarah dalam kebaikan dan ‘afiyah.

Silakan dibaca dengan yakin dan sungguh-sungguh terutama pada waktu, tempat dan saat mustajab. Insya Allah, Allah kabulkan.

 

Doa Indah Khalifah Harun Ar-Rasyid Ketika Wukuf di Arafah

يَارَبّْ..
أَنْتَ أَنْتَ..
وَأَنَا أَنَا..
أَنَا الْعُوَّادُ إِلىَ الذَّنْبِ..
وَأَنْتَ الْعُوَّادُ إِلىَ الْمغَفِرَةِ..
اِغْفِرْ لِيْ..
“Yaa Robb..
Anta Anta..
Wa ana ana..
Anal ‘uwwaaadu iladz dzanbi..
Wa Antal ‘uwwaadu ilal maghfiroh..
Ighfir liy..”

قاله الخليفة الرشيد بالحج وهو واقف حاف قد رفع يديه يرتعد باكيا

Ya Rabb..
Engkau adalah Engkau..
Dan aku adalah aku..
Aku selalu berbuat dosa..
Sedang Engkau selalu memberikan ampunan..
Ampunilah hamba..

Doa ini dipanjatkan oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid saat haji ketika wukuf di Arafah, tanpa mengenakan alas kaki seraya mengangkat kedua tangannya dalam keadaan gemetar sambil menangis.*/ Faedah dari Twitter

Fadlilatusy Syaikh Dr Abdul Aziz Al-Abdul Latif hafidhahullah @dralabdullatif diterjemahkan oleh Abdullah Saleh Hadrami (ASH)]

Sumber: hidayatullah.com

4

Red: admin

Editor: iman

903