Shalat Ied Di Hari Jumat, Siangnya Shalat Jumat atau Dhuhur ?

0
268
Sebagian kaum muslimin masih melakukan shalat berjamaah di masjid dengan menjaga jarak ( foto: rri.co.id)

Assalamu’alaykum. Pak Aam, Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Jumat. Ada yang bilang siangnya boleh shalat tapi ada yang bilang katanya bisa diganti dengan shalat Dhuhur atau tidak shalat Jumat. Mana yang benar? Mohon penjelasannya. (Maman via email)

 

iklan

Wa’alaykumsalam. w.w . bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dimuliakan Allah. Alhamdulillah shalat Idul Adha sekarang jatuh atau bertepatan dengan hari Jumat.

Nah, menjawab pertanyaan Anda, bagaimana dengan shalat Jumat nya? Tetapa wajib atau dilaksanakan atau tidak?.

Untuk menjawab hal ini kita bisa membaca kisah yang diceritakan dari Mu’awiyah bin Abu Sufyan pernah bertanya kepada Zaid bin Arqom “Apakah engkau tahu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengalami shalat Ied di hari Jumat?”

Kemudian Zaid menjawab “tentu saja!” Mu’awiyah bertanya lagi. “ Apa yang dilakukan oleh Rasulullah?” Zaid menjawab lagi “ Beliau melaksanakan shalat Ied, lalu Rasulullah memberikan keringanan untuk meninggalkan shalat Jumat”.

Dalam keterangan yang lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mau shalat Jum’at, maka silakan.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan  An-Nasai)

Dari keterangan ini menurut ahli hadits atau ulama hadits mengisyaratkan kalau shalat Ied baik Iedul Fitri atau Iedul Adha terjadi pada hari Jumat, nanti akan ada dua pilihan.

Boleh siangnya melaksanakan shalat Jumat atau kita melaksanakan shalat Dhuhur. Ini menjadi keringanan (rukhshah) bagi bapak-bapak sekalian.

Oleh sebab itu, kita bisa memilih mana yang paling nyaman untuk kita. Namun yang terpenting tidak boleh saling menyalahkan. Sebab yang melaksanakan shalat Jumat ada dalilnya dan yang tidak shalat Jumat atau shalat Dhuhur juga ada dalilnya.

Menjaga ukhuwah itu lebih utama dari pada saling menyalahkan. Lebih baik saling menghargai atau menghormati yang beda pendapat. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahua’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

buku shalat wudhu

5

Red: admin

Editor: iman

850