Hagia Sophia Menjadi Masjid, Ini Panduannya Jika Ingin Mengunjungi

0
122
Sekarang Hagia Sophia kembali menjadi masjid ( foto: anadolu agency)

PERCIKANIMAN.ID – – Pengunjung yang ingin datang melihat bangunan bersejarah Hagia Sophia kini menjadi Masjid Aaya Sophia diharuskan membeli tiket terlebih dahulu.

Dilansir di tourscanner.com, harga tiket untuk satu orang dewasa adalah 15 dollar atau sekitar Rp 219.150. Sedangkan anak-anak berusia dibawah 8 tahun tidak perlu membeli tiket.

iklan

Tidak hanya anak-anak yang mendapat tiket gratis, anak-anak Turki dan remaja Turki di bawah 18 tahun dan anak-anak asing di bawah 8 tahun.  Kemudian warga negara Turki berusia 65 tahun atau lebih.

Veteran militer, pasangan mereka, dan anak-anak juga pasangan dan anak-anak syuhada Turki. Warga disabilitas mengunjungi dengan seorang pendamping. Perwira dan tentara yang tidak ditugaskan, pemegang kartu ICOMOS, UNESCO dan ICOM, serta jurnalis dengan Kartu Pers.

Pengunjung resmi dipandu oleh Direktorat Jenderal Promosi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Petugas dan operator tur asing mereka juga mendapatkan gratis. Personil Departemen Kebudayaan & Pariwisata, pensiunan, pasangan mereka, dan anak-anak mereka. Tamu resmi asing (dan pelayannya) diundang oleh lembaga negara.

Pemandu wisata profesional yang membawa Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata serta rombongan dan guru pendamping dalam Kerjasama Sekolah Comenius dan Program Pertukaran Siswa Erasmus juga gratis.

Bagi yang ingin mendapatkan tiket berbayar pengunjung bisa mendapatkan di loket pintu masuk. Tetapi jika  tak ingin mengantri tiket juga dapat dibeli secara online. Apalagi ketika berniat datang saat musim liburan ini tentu dapat menghemat waktu.

“Anda dapat memesan tiket Hagia Sophia secara online dari situs resmi atau dari agen perjalanan online seperti Viator atau Getyourguide. Yang terbaik adalah membandingkan harga di antara beberapa situs web sebelum memesan karena terkadang ada diskon,” saran dari website tourscanner.

Hagia Sophia adalah salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di Istanbul yang kini menjadi masjid tetapi ada banyak hal lain untuk dilihat juga. Jadi, jika ingin menghemat waktu dan uang, ada baiknya mendapatkan tiket gabungan.

Hagia Sophia + Istana Topkapi, istana ini merupakan kunjungi kediaman utama Sultan Ottoman selama lebih dari 600 tahun, yang harus dikunjungi di Istanbul.

Hagia Sophia + Blue Mosque, keduanya adalag temukan masjid-masjid Utsmani yang paling menakjubkan di seluruh Turki. Jika pengunjung kesulitan untuk berwisata ke Turki, pengunjung dapat menggaet pemandu.

 

Pemandu wisata akan membantu membeli tiket terlebih dahulu. Beberapa orang suka menjelajahi tempat baru sendiri. Tetapi jika seseorang yang tahu tempat itu mengajak berkeliling, mereka bisa membantu mengungkap rahasia dan mengunjungi tempat-tempat paling penting.

Jika seorang pecinta sejarah, ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengetahui hal-hal yang baru. Pemandu wisata tidak hanya memperkenalkan sejarah tempat itu tetapi juga untuk menjawab semua pertanyaan yang dimiliki pengunjung.

Ada banyak tur berpemandu yang tersedia. Periksa penawaran, baca ulasannya dan pastikan untuk membandingkan harga karena ada banyak penyedia yang menawarkan tur online.

Jika ingin berkeliling di kota Istanbul, pengunjung dapat menggunakan city pass sehingga dapat menghemat ratusan dolar di berbagai lokasi wisata di sekitar kota.

Terkadang pengunjung bisa mendapatkan diskon transportasi juga. Berikut adalah beberapa Pass Kota Istanbul yang lebih populer yang mencakup tiket Hagia Sophia.

Istanbul Museum Pass  berbeda dengan MuzeKart (yang hanya melayani warga dan penduduk Turki), Museum Pass memungkinkan pengunjung masuk ke 11 tempat termasuk Hagia Sophia secara gratis. Ini juga mencakup diskon masuk ke tempat-tempat seperti Menara Maiden. Pass berharga 185 lira atau sekitar Rp  394.768,74 dan berlaku 5 hari setelah pertama kali menggunakannya.

Anak-anak bebas masuk ke semua lokasi wisata yang berlaku dengan kartu, sehingga mereka tidak perlu membeli kartu untuk anak-anak.

Istanbul Tourist Pass, Pass komprehensif ini memberi akses gratis ke Hagia Sophia serta tempat-tempat lain seperti Masjid Biru, Menara Maiden, dan Madame Tussauds Istanbul. Pengunjung juga mendapatkan internet ponsel gratis selama tiga hari, tiket bus hop-on-hop-off, tiket pelayaran Bosphorous, tur perahu Prince’s Island, dan banyak lagi.

Pengunjung mendapatkan diskon untuk transfer bandara dan layanan terpilih. Tiket Turis Dewasa mulai dari 95 euro atau Rp  1.611.550,46 selama 2 hari hingga € 145 atau Rp 2.459.734,92 selama sepekan. Tiket masuk anak  45 euro atau Rp 763.366,01 untuk semua durasi.

Istanbul Welcome Card, hanya dengan 49 euro atau Rp 831.220,76, pengunjung bisa mendapatkan akses gratis ke Hagia Sophia, Istana Topkapi, dan pelayaran Bosphorous. Pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum hingga 10 kali gratis.

Wahana gratis ini berlaku di bus, trem, funicular, metro, dan feri. Kartu termasuk peta kota digital gratis, dan setiap tempat (Hagia Sophia, Bosphorous, Topkapi) termasuk pemandu wisata berbahasa Inggris. Kartu ini berlaku selama 7 hari.

 

 

Meski setiap saat Haghia dapat dikunjungi namun waktu terbaik untuk berkunjung. Namun baru-baru ini Hagia Sophia ditutup setiap senin. Tidak banyak orang tahu itu apakah akan dibuka kembali untuk kunjungan hari Senin.

Pada hari-hari lain, kunjungi dekat dengan waktu pembukaan, ketika ada lebih sedikit pengunjung. Jika ingin masuk ketika akhir hari, pengunjung harus tiba satu jam sebelum penjualan tiket terakhir, sekitar pukul 15.00 di musim dingin atau pukul 16.00 di musim panas.

Hagia Sophia buka di Musim Dingin (November hingga Maret) mulai pukul 09:00 hingga 17:00 dan di Musim Panas (April hingga Oktober) mulai pukul 09:00 hingga 19:00. Jadwal terbaru pengunjung dapat masuk satu jam sebelum waktu penutupan.

Satu hal lagi adalah tips bagi pengunjung ketika berada di Haghia Sophia. Bawalah payung, topi lebar, kacamata hitam, dan minuman dingin, karena bisa kepanasan mengantri. Jika membeli tiket secara online, cetaklah sehingga lebih mudah untuk memindai barcode.

Pengunjung diperbolehkan mengambil foto, karena sebagian besar situsnya adalah pasangan bata (batu, bata, mosaik) yang tidak akan terpengaruh oleh flash. Tidak boleh membawa tripod, karena  tidak diperbolehkan. Tidak ada kamar mandi di museum, jadi pengunjung harus menggunakan kafe di dekatnya. [ ]

Sumber: ihram.co.id

4

Red: admin

Editor: iman

850