Jika Anak Non-Muslim Meninggal, Nasibnya Di Surga atau Neraka?

0
155

Assalamu’alaykum. Pak Aam, punten saya mendapat pertanyaan dari anak yang tidak bisa menjawabnya. Apabila anak yang dilahirkan dari orang non muslim meninggal, bagaimana nasib mereka di akhirat? Apakah masuk surga ataukah di neraka?Mohon penjelasannya dan terima kasih ( Ayip via email )

 

iklan

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Harus kita akui bahwa anak-anak sekarang mempunyai kecerdasan dan keingintahuan yang besar. Ini harus kita hargai dan apresiasi. Jangan dimarahi.

Orangtua juga harus cerdas dan bijak. Artinya kalau tidak bisa menjawab, jangan asal jawab. Jika ini dilakukan maka sama dengan mencelakainya dan menjerumuskan akan ketidaktahuan Anda.

Nah, terkait pertanyaan anak Anda kita bisa simak sebuah hadits dari Ibnu Abbas berkata, Ada seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. mengenai anak-anak orang nonmuslim yang meninggal. Nabi saw. menjawab,

Apabila Allah Swt. menciptakan mereka, maka Allah Maha Mengetahui apa-apa yang mereka kerjakan.” (HR. Bukhari).

Keterangan ini menegaskan bahwa anak-anak nonmuslim yang meninggal sebelum baligh tidaklah penting untuk dibicarakan karena itu merupakan otoritas Allah sebagai Yang Maha Mencipta.

 

Kita tidak perlu menghabisakan energi untuk mendiskusikan sesuatu yang berada pada koridor  otoritas Allah swt. Dan kalaupun kita diskusikan, sejatinya tidak ada manfaatnya, hanya buang-buang waktu saja. Karena itu Nabi saw. menegaskan pada hadis di atas,

 

Apabila Allah Swt. menciptakan mereka, Allah Maha Mengetahui apa-apa yang mereka kerjakan.”

 

Islam menganjurkan untuk bersikap kritis, namun kekritisan itu tidak perlu masuk dalam urusan-urusan yang berada di luar koridor kita. Biasakanlah kita mendiskusikan sesuatu yang akan memberikan kemanfaatan untuk kehidupan dunia dan akhirat.

 

Untuk kasus yang Anda tanyakan, yakinlah bahwa Allah Swt. Mahaadil, tidak mungkin Allah Swt. berbuat zalim kepada hamba-Nya. Anak nonmuslim yang belum baligh tentu saja dia belum terkena taklif (beban kewajiban) karenanya tidak mungkin Allah Swt. mengazab mahluk yang belum terkena kewajiban.

 

Dalam penjelasan hadits yang lain sahabat Samurah r.a. berkata, Kami pernah bertanya kepada Rasulullah saw. perihal anak-anak orang nonmuslim. Maka Nabi saw. Menjawab,

”Mereka menjadi hamba-hamba Ahli Surga!” (H.R. Thabrani).

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 087738883558 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ 

5

Red: admin

Editor: iman

904