Mengapa Shalat Sunat Penting? Begini Penjelasannya

0
344

PERCIKANIMAN.ID – – Shalat sunat atau sunnah adalah shalat yang dikerjakan diluar shalat wajib yang lima waktu. Namun tetap harus mencontoh apa yang dikerjakan oleh Rasulullah Saw, tidak boleh sesuai kehendak dan kemauan sendiri.

 

iklan

Shalat sunat memiliki kedudukan yang sangat penting dalam ibadah sebagaimana halnya shalat wajib. Kita ketahui bahwa shalat merupakan kunci ditolak dan diterimanya amal ibadah seseorang. Dalam sebuah hadis dijelaskan,

 

Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal seorang hamba di hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, dia akan beruntung dan bebas dari siksaan Allah Swt. Jika rusak shalatnya, sungguh rugilah dan sia-sialah amalnya…” (H.R. Tirmidzi)

 

Satu hal yang mesti diperhatikan bahwa meskipun shalat sunat secara hukum tidaklah bermasalah ketika ditinggalkan, atau tidak menyebabkan datangnya siksa ketika diabaikan.

 

Tetapi seyogianya yang mesti menjadi perhatian adalah bahwa shalat sunat merupakan amalan yang melengkapi dan menyempurnakan shalat wajib dari kekuarangannya.

 

Jika diibaratkan, shalat sunat merupakan laba dari modal utama (shalat wajib), atau finishing dari desain yang menjadikan sebuah bangunan terlihat indah.

 

Bukankah termasuk orang yang merugi jika seseorang yang berbisnis ternyata hanya dapat mengembalikan modalnya saja tanpa disertai laba? Dan bukankah belum dapat dikatakan sebuah rumah jika finishing belum dilakukan sehingga menyebabkan orang enggan tinggal di rumah itu?

 

Shalat sunat terbagi menjadi dua, yaitu shalat sunat mutlak dan shalat sunat muqayyad. Shalat sunat mutlak dilakukan hanya dengan niat shalat sunat tanpa dikaitkan dengan yang lain.

Adapun shalat sunat muqayyad yaitu shalat yang disyariatkan karena ada kaitannya dengan yang lain, misalnya rawatib, shalat Dhuha, shalat ‘Idain, shalat Gerhana, dan shalat Istikharah. [ ]

 

Sumber: buku “ Melangkah Ke Surga Dengan Shalat Sunat “ karya Dr.Aam Amiruddin, M.Si

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: iman

Editor: admin

890