Sinergi Foundation Raih Penghargaan “Fundraising Wakaf Produktif Terbaik”

0
90
Sinergi Foundation

PERCIKANIMAN.ID – – Institut Fundraising Indonesia (IFI) menobatkan Sinergi Foundation sebagai Lembaga dengan Program Fundraising Wakaf Produktif Terbaik dalam gelaran Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020, Kamis (9/7/20), secara daring via aplikasi Zoom. Penghargaan ini diberikan setelah melalui serangkaian proses penilaian yang melibatkan tim Juri Independen, menyisihkan nominator Lembaga wakaf berskala nasional lainnya, antara lain Dompet Dhuafa dan Wakaf Al Azhar.

“Indonesia Fundaraising Award  (IFA) 2020 yang baru digelar untuk pertama kalinya ini adalah ajang apresiasi untuk lembaga dan insan kemanusiaan yang salah satu aktivitasnya bergerak di dunia fundraising,” Kata CEO Institut Fundraising Indonesia (IFI), Arlina F Saliman dalam keterangan tertulis, Kamis (9/7/2020)

iklan

Ia mengatakan, bahwa bahwa potensi wakaf di Indonesia sangatlah banyak. Sayangnya, tak banyak Lembaga yang menggarap. Pilihan juri untuk menobatkan Sinergi Foundation sebagai Lembaga dengan kategori Program Wakaf Produktif Terbaik, tentu sudah melalui rangkaian proses penilaian seobjektif mungkin, dengan pelibatan tim juri yang kredibel dan independen, dari unsur ahli dan praktisi kemanusiaan. Ia menyebut, antara lain: Direktur Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, Ahmad Juwaini, dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Pusat, Agus Budiyanto.

Ia berharap, melalui acara penghargaan Indonesia Fundraising Award 2020 ini, semakin menyemangati Lembaga lain untuk bergerak di bidang wakaf produktif, hingga bisa membangun peradaban umat.

Sinergi Foundation sendiri cukup lama berkiprah di dunia wakaf produktif. Jika umumnya masyarakat masih mengenal wakaf itu murni untuk program-program sosial, Sinergi Foundation ingin mengenalkan bahwa wakaf pun bisa dikembangkan di sektor produkti (usaha) agar manfaatnya terus mengalir, berlipat.

Selain menjajaki RM Ampera berbasis wakaf, Sinergi Foundation juga merambah ke bisnis lainnya seperti Kopi Haii, Kedai Cuankie Serayu, bisnis fashion melalui brand Yesamalika dan Vamosh, hingga bisnis-bisnis property syariah. Dan semuanya, digarap berbasis wakaf produktif.

Adapun profit dari hasil usaha wakaf tadi digunakan untuk menopang program-program Sosial – Pemberdayaan Sinergi Foundation, antara lain: Rumah Bersalin Cuma-cuma (RBC), gratis untuk dhuafa, hingga Juni 2020 telah membantu lebih dari 8000 persalinan bayi dari kalangan dhuafa. Di ranah pendidikan, ada Kuttab Al Fatih, sekolah dasar gratis untuk semua kalangan, berbasis wakaf. Dan beberapa lainnya.

 

 

“Semoga melalui penghargaan Indonesia Fundraising Award 2020, Sinergi Foundation lebih bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada umat. Dan saya berharap semakin banyak juga mitra dan donatur yang kolaborasi dengan Sinergi Foundatiom, sehingga manfaat yang diberikan semakin meluas,” tutur Asep yang dikenal sebagai wakafpreneur ini.

 

Tak hanya kategori Fundraising Wakaf Produktif, Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020 juga menetapkan 16 kategori penghargaan kepada berbagai lembaga yang bergerak di bidang wakaf, zakat, kemanusiaan, kesehatan, hingga Lembaga advokasi hukum dan pemantauan korupsi, antara lain: Aksi Cepat Tanggap (ACT), Human Initiative, Dompet Dhuafa, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Wakaf Al Azhar, LBH Jakarta dan indonesia Corruption Wathc (ICW).

 

CEO IFI Arlina F. Saliman berharap, “gelaran IFA Ini semoga bukan yg pertama, dan akan terus ada penghargaan di tahun berikutnya. Semoga jadi penyemangat bagi lembaga-lembaga ini melakukan yang terbaik, agar semakin banyak pula masyarakat yang merasakan manfaatnya.”

 

Berikut adalah 16 pemenang IFA 2020 yang diumumkan pada Kamis 9 Juli 2020:

  1. Fundraising Zakat Terbaik: Dompet Dhuafa
  2. Fundraising Infak Terbaik: BMH
  3. Fundraising Kemanusiaan Terbaik: ACT
  4. Fundraising Kurban Terbaik: Lazis-NU
  5. Fundraising CSR Terbaik: Human Initiative
  6. Fundraising Digital Terbaik: BAZNAS
  7. Fundraisaing Palform Digital Terbaik: Kitabisa.com
  8. Fundraising Program Kesehatan Terbaik: PMI
  9. Fundraising Program Pendidikan Terbaik: Yatim Mandiri
  10. Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik: ICW
  11. Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik: LBH Jakarta
  12. Fundraising Wakaf Produktif Terbaik: Sinergi Foundation
  13. Fundraising Komunitas Terbaik: Gerak Bareng
  14. Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik: LMI
  15. Fundraising Perguruan Tinggi Terbaik: STF UIN Jakarta
  16. Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia: KH. Salahuddin Wahid (alm)

 

Red: iman

Editor: admin

839