GERAK Jabar Siapkan Aksi Tolak RUU HIP

0
166

PERCIKANIMAN.ID – – Sejumlah elemen ormas Islam,OKP,LSM dan Komunitas yang tegabung dalam wadah Gerakan Rakyat Anti Komunis ( Gerak) Jawa Barat akan menggelar aksi penolakan RUU HIP.

Hal ini disampaikan M. Roinul Balad selaku Ketua Gerak Jabar dalam jumpa pers yang digelar di Masjid Al Fajr Jl. Cijagra Kota Bandung, Rabu sore (8/7/2020).

iklan

Menurut Roinul Balad aksi tersebut nantinya dimaksudkan sebagai salah satu reaksi penolakan masyarakat Jawa Barat terhadap RUU HIP yang juga telah menimbulkan gelombang aksi diberbagai daerah di Indonesia.

“RUU HIP merupakan upaya terstuktur, sistematis dan massif melalui parlemen yang ingin merubah Pancasila sebagai dasar Negara yang sudah final,”jelasnya.

Ia menganggap kekuatan parlemen (DPR) yang diharap masyarakat dapat membatalkan dan mencabut RUU HIP hingga saat ini masih sangat lemah. Untuk itu salah satu solusinya adalah dengan kekuatan parlemen jalanan (aksi) termasuk people power.

“Aksi ini juga sebagai salah satu langkah lanjutan dimana sebelumnya kami telah menyampaikan aspirasi secara resmi ke DPRD Jabar beberapa waktu sebelumnya,”imbuhnya.

Untuk itu pihaknya ingin menagih kembali komitmen MUI dan DPRD Jabar untuk bersepakat menolak dengan tegas RUU HIP. Juga memenuhi tuntutan  masyarakat Jabar untuk membatalkan dan mencabut RUU HIP dari Prolegnas.

Pihaknya juga menolak anggapan bahwa yang menolak RUU HIP hanyalah kalangan umat Islam saja. Menurutnya banyak kalangan dari non Islam yang menolak RUU HIP ini.

“Kami sudah koordinasi dengan forum lintas agama melalui MUI Jabar yang juga sama-sama menolak RUU HIP. Jadi tidak benar kalau yang menolak RUU HIP ini,”tegasnya.

Rencananya aksi akan dihadiri ribuan massa dari berbagai daerah di Jawa Barat. Elemen yang tergabung dalam GERAK sendiri ada sekira 58 ormas Islam,OKP,LSM dan berbagai komunitas. Untuk oratornya sendiri selain dari perwakilan ormas dan tokoh di Jabar juga insya Allah akan hadir beberapa tokoh nasional.

“Para peserta aksi kami minta untuk meluruskan niat mengharap ridho Allah Swt semata dan karena masih ada Covid-19 maka kami minta dan ingatkan peserta aksi untuk tetap melaksanakan protocol kesehatan yakni menggunakan masker dan menjaga jarak,”pungkasnya. [ ]

5

Rep: iman

Editor: admin

937