Tips Cantik Islami, Lakukan 7 Cara Ini

0
190
Dalam Islam tampil cantik tidak dilarang, asal sesuai syariah. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Setiap muslimah tentu ingin tampil indah dipandang mata. Ya, mempercantik diri sangat disunahkan, karena Allah Subhanahu wata’ala maha indah dan menyukai keindahan. Salah seorang sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, Abdullâh ibnu Mas’ud Radhiyallahu-anhu berujar bahwasanya Rasulullah bersabda:

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِيْ قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُوْنَ ثَوْبُهُ حَسَناً وَنَعْلُهُ حَسَنَةً. قاَلَ: إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ، الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

iklan

Artinya: “Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada kesombongan seberat biji debu. Ada seorang yang bertanya, “Sesungguhnya setiap orang suka (memakai) baju yang indah, dan alas kaki yang bagus, (apakah ini termasuk sombong?).

Rasul kemudian bersabda: “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan, kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain,”

Makna mempercantik diri, bukan semata-mata indah secara fisik. Namun cantik luar dalam dari sisi spiritual. Banyak cara yang bisa dilakukan para muslimah agar senantiasa terlihat cantik dan indah dipandang mata. Tentunya dengan cara yang dibenarkan sesuai syariat Islam. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari laman Sindonews.

  1. Rajin Berwudhu

Wudhu merupakan aktivitas yang dilakukan sebelum sholat. Tujuannya mensucikan dirih dari hadast sebagai penyempurna ibadah. Namun ternyata wudhu juga bisa mencerahkan wajah. Ketika para wanita, membasuh muka dengan air wudhu, noda dan kotoran akan luntur. Tak hanya itu, berwudhu juga menggugurkan dosa-dosa. Maka itu perbanyaklah berwudhu di setiap waktu. Seperti saat hendak keluar rumah maupun sebelum tidur malam.

  1. Rajin membaca Alquran

Alquran bukan semata-mata kitab suci yang berisi firman Allah Subhanahu wata’ala. Dengan rutin membaca ayat suci Alquran maka jiwa akan tenang dan wajah kita akan terlihat senantiasa berseri seolah mendapat nur Ilahi. Membaca kalamullah tentunya harus dilandasi oleh keikhlasan sehingga inner beauty akan terpancar hingga membuat orang terkagum-kagum.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu bahwasanya “Aku mendengar Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Shalat Tahajjud

Mengamalkan sholat tahajjud bukan perkara mudah. Sebab, sholat ini dilakukan di sepertiga malam terakhir, saat banyak orang terlelap tidur. Sehingga tak heran bila banyak orang yang lalai dan malas menunaikan ibadah sunah ini.

Padahal, di samping peluang doa kita lebih besar untuk dikabulkan Allah, sholat malam diyakini dapat membuat aura wajah kita terpancar indah. Meski tidak mengenakan krim pemutih sekalipun, wajah akan nampak cerah dan bersih.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Barangsiapa yang banyak menunaikan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya,” (HR. Ibnu Majah).

  1. Memakai hijab sesuai syariat

Bagi seorang muslimah, kecantikan tidak diukur dari keelokan paras wajah apalagi sampai mengumbar aurat kepada lelaki bukan muhrim. Berdasarkan ajaran Islam, kecantikan wanita harus disimpan hanya untuk suaminya saja. Islam mewajibkan wanita agar mengenakan jilbab atau hijab dan diulur hingga menutupi dada.

Seorang wanita yang berhijab dengan pakaian panjang pastinya akan terlihat lebih anggun dan cantik dibandingkan wanita berpakaian minim yang mengumbar auratnya. Dengan memakai hijab, wanita juga tampak lebih terhormat serta terhindar dari risiko pelecehan. Allah Ta’ala berfirman dalam Surah Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Ahzab ayat: 59).

  1. Rajin puasa sunah

Cara mempercantik diri menurut Islam selanjutnya ialah rutin melaksakakan puasa sunah. Menurut beberapa penelitian, puasa merupakan aktivitas yang sehat. Dengan berpuasa, risiko obesitas dapat dihindari, mengurangi risiko kanker dan menyehatkan jantung.

Para muslimah tidak perlu menjalankan puasa setiap hari. Cukup puasa sunah Senin dan Kamis, maka Insya Allah kecantikan aura wajah menjadi semakin terpancar.

  1. Merawat diri tanpa mengubah bentuk

Islam tidak melarang wanita untuk mempercantik diri dengan make-up. Boleh-boleh saja mengenakan bedak saat keluar rumah. Sejumlah perawatan alamiah seperti dari minyak zaitun, susu, atau madu agar kesehatan kulit terawat juga sangat dianjurkan.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, Islam melarang seseorang mengubah bentuk wajah dan tubuhnya tanpa alasan yang kuat. Semisal ia ingin hidung mancung, lalu melakukan operasi plastik. Hal ini benar-benar dilarang oleh Islam. Termasuk mencukur alis, memasang tato, dan tindakan lainnya yang bertujuan mengubah bentuk asli ciptaan Allah.

Allah berfirman dalam Surah An-Nisa ayat 119 yang artinya: “Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan kusuruh mereka mengubah ciptaan Allah (lalu mereka benar-benar mengubahnya). Barang siapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh dia menderita kerugian yang nyata,” (QS. An-Nisa: 119).

  1. Murah senyum

Senyum dapat menghadirkan kesejukan di hati orang lain yang memandangnya. Menurut penelitian, tersenyum dapat membuat orang awet muda. Tersenyum juga bisa memancarkan kecantikan dalam hati (inner beauty). Dengan tersenyum, kita akan disayangi orang lain dan mudah memperoleh sahabat.

Dari Abu Dzar radhiyallahu’anhu, dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu,” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Sumber: okezone.com

4

Red: admin

Editor: iman

934