Ustadz Abdul Somad Sampaikan Tiga Fase Itikaf Mengisi Akhir Ramadhan

0
348
Maksimalkan momen hari-hari terakhir Ramadhan dengan ibadah. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Ustad Abdul Somad  (UAS) mengajak umat Islam memanfaatkan sisa waktu Ramadhan yang tinggal empat hari lagi. Demi mendapatkan kemuliannya, isilah Ramadhan dengan ibadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

“Kita ada empat malam lagi (Rabu, Kamis, Jumat dan malam Sabtu), karena malam Ahad Insya Allah kita sudah malam Idul Fitri maka 4 malam ini kita isi dengan ibadah-ibadah,” katanya saat menyampaikan tausiyah virtualnya yang digagas Dewan Pengurus PPMI Mesir, Selasa (19/5/2020).

iklan

Ibadah yang paling populer menjelang berakhirnya Ramadhan adalah itikaf. Menurut dai yang akrab disapa UAS ini menyampaikan paling tidak itikaf ini ada tiga fase yang bisa kita lakukan. Fase pertama itikaf dimulai dengan qobliyah sholat isya, sholat wajib isya, qobliyah isya, tarawih, witir dan tadarus Alquran. “Itu (fase itikaf) yang pertama,” katanya.

Sementara itikaf fase yang kedua bisa dikerjakan setelah selesai sahur, rangkaian pertamanya memperbanyak istigfar, sholat qobliyah subuh, sholat subuh lalu kemudian membaca Alquran, berdzikir sampai terbit matahari hari.

Kata UAS, seperti mengutip hadis Rasulullah yang diriwayatkan dari Anas bin Malik. “Barang siapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia duduk – dalam riwayat lain: dia menetap di mesjid untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna.”

Fase ketiga untuk mengisi akhir Ramadhan melalui itikaf bisa dimulai setelah sholat maghrib. Ia menambahkan bagi yang ingin memulai ibadah itikafnya di saat waktu magrib, maka mulailah berdoa saat menjelang buka. “Karena antara waktu itu merupakan waktu terkabulnya doa,” katanya.

UAS menambahkan, setelah berbuka maka kemudian kita lanjutkan sholat magrib, berzikir sambil menunggu waktu Isya. Inilah beberapa momen yang dapat dikerjakan pada akhir-akhir Ramadhan yang tinggal tersisa empat hari lagi.

“Mudah-mudahan kita mendapatkan kalau hidup yang diharapkan khusnul khotimah. Maka doalah ‘Ya Allah jadikanlah penutup umur kami penutupnya sebaik-baik umur kami penutupnya akhirnya’,” katanya.

Untuk memacu semangat ibadah di hari-hari terakhir Ramadhan, UAS mengajak umat membayangkan bahwa Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan yang terakhir. Karena Nabi juga selalu berpesan kepada umatnya shalatlah engkau seolah-olah ini merupakan sholat terakhir. [ ]

Sumber: republika.co.id

4

Red: admin

Editor: iman

836