Adakah Shalat Khusus Sebelum atau Sesudah Shalat Idul Fitri?

0
331
Untuk shalat Idul Adha 2020 bagi daerah zona merah pandemi Covid-19 dianjur shalat di rumah saja. ( ilustrasi foto: istimewa)

PERCIKANIMAN.ID – – Assalamu’alaykum. Pak Aam, apa sebelum atau sesudah shalat Idul Fitri ada shalat khusus? Mohon penjelasannya. ( Rom via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat sekalian yang dirahmati Allah. Secara prinsip, cara shalat Ied bail Idul Fitri atau Idul Adha sama dengan cara shalat Subuh, yaitu dua rakaat.

iklan

Perbedaannya, dalam shalat Ied takbir pada rakaat pertama sebanyak tujuh kali dan takbir pada rakaat kedua sebanyak lima kali. Selesai melaksanakan shalat jamaah, mendengarkan khutbah Ied.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits dari Amr bin ‘Auf r.a. berkata, “Rasulullah Saw. bertakbir pada shalat Ied tujuh kali pada (rakaat) yang pertama dan lima kali pada (rakaat) yang kedua sebelum membaca Al-Faatihah.” (H.R. Tirmidzi)

Kemudian dalam hadits yang lain dari Jabir bin Abdillah r.a. berkata, “Saya hadir bersama Rasulullah Saw. pada Hari Raya kemudian beliau memulai shalat sebelum khutbah tanpa azan ataupun iqamah. Selanjutnya, beliau berdiri dan berpegang kepada Bilal kemudian memerintah kepada manusia agar bertakwa kepada Allah Swt. dan taat. Beliau juga menasihati orang-orang dan mengingatkan mereka. Setelah selesai, beliau turun dan menuju tempat perempuan kemudian mengingatkan mereka.” (H.R. Muslim)

Lalu adakah shalat khusus sebelum atau sesudah shalat Ied? Tidak ada shalat apa pun yang mengiringi shalat Ied, baik sebelum maupun sesudahnya. Coba kita perhatikan penjelasan Rasul dalam haditsnya dari Ibnu ‘Abbas r.a. berkata,

Rasulullah Saw. berangkat pada hari Ied kemudian shalat dua rakaat. Beliau tidak shalat, baik sebelum maupun sesudahnya.” (H.R. Bukhari)

Dengan demikian tidak ada shalat khusus yang mendahului atau setelah shalat Ied baik shalatnya di lapang, di masjid atau dalam kondisi saat ini shalat di rumah. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ 

5

Red: admin

Editor: iman

983