Hukum Asuransi Pendidikan Anak, Boleh atau Terlarang?

0
100
Sekolah adalah salah satu ikhtiar untuk belajar dan memperdalam ilmu pengetahuan. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Assalamu’alaykum. Pak Aam, saya mempunyai anak yang masih dalam usia sekolah, saya khawatir tidak bisa membiayai pendidikannya sampai ke jenjang tertinggi sesuai cita-citanya kelak. Saya bermaksud memasukkan anak saya pada program asuransi pendidikan. Bagaimana menuru pendapat ustadz, apakah tindakan saya ini diperbolehkan? Karena ada yang bilang asuransi haram dan termasuk riba. Mohon nasihat dan penjelasannya. Terima kasih ( Nuy via fb )

Wa’alaykumsalam ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Sebenarnya permasalahan asuransi ini sudah sering kita bahas. Namun untuk mengingat kembali bagi yang sudah tahu dan juga yang belum baca artikel saya atau jawaban saya sebelumnya.

iklan

Mendapat pendidikan yang baik adalah hak setiap anak dan kewajiban orangtua menjadikan putra putrinya memperoleh pendidikan yang layak atau maksimal. Kewajiban orangtua menjadikan anak-anaknya cerdas, shalih shalihah dan bertakwa dimana salah satunya lewat pendidikan atau sekolah. Coba anda baca surat An Nisa ayat 9, disitu Allah berfirman

(9). وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا

“Hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka dan khawatir terhadap kesejahteraannya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan berbicara dengan tutur kata yang benar.” ( QS.An-Nisa: 9)

Ayat ini menyuruh kepada kita semua orang tua untuk memikirkan nasib anak-anak kita. Kata lemah dalam ayat ini maksudnya bisa lemah ekonomi, lemah akhlak, lemah iman, lemah pendidikan, ataupun lemah fisik.

Ayat ini menyuruh kepada kita para orang tua untuk menyiapkan generasi-generasi yang siap mengahadapi tantangan zamannya. Nah salah satu upaya agar kita bisa menjaga keberlangsungan pendidikan anak adalah ikut asuransi pendidikan.

Anda ikut asuransi pendidikan karena khawatir anak Anda tidak bisa sekolah sampai tamat sekiranya ada hal-hal yang tidak diinginkan dalam kehidupan Anda. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita, bisa sakit, bisa meninggal, lalu kita melakukan antisipasi. Menurut hemat saya niatnya sudah lurus, niat Anda sangat mulia terus apanya yang salah?.

Sekarang ini sudah ada asuransi-asuransi syariah, kalau Anda ingin tenang ya ikut saja asuransi pendidikan yang berbasis syariah, tapi kalau sudah terlanjur mengikuti asuransi pendidikan yang non syariah tentu tidak masalah. Karena Allah kan maha tahu niat kita.

Jadi menurut hemat saya, apa yang Anda lakukan dengan ikut asuransi pendidikan adalah salah satu ikhtiar untuk mempersiapkan putra putri atau generasi yang lebih baik. Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishshawaf. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: admin

Editor: iman

920

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini