Hukum Mengakhirkan Shalat Witir, Bolehkah?

0
378
Ada beberapa tempat yang tidak boleh atau terlarang untuk mengerjakan shalat. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID— Assalamu’alaykum. Pa Aam bagaimana tata cara shalat sunnah terutama shalat witir? Apabila kita melakukan shalat witir setelah shalat Isya. Bagaimana jika kita melakukan shalat Tahajud? Apakah setelah tajahud 8 rakaat perlu lagi shalat witir? Mohon penjelasaanya. ( Sonia via fb )

Wassalamu’alaykum, ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Prinsipnya seperti yang disabdakan oleh Rasulullah bahwa tidak ada witir dalam satu malam. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

iklan

لاَ وِتْرَانِ فِى لَيْلَةٍ

Tidak boleh ada dua witir dalam satu malam.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

Jadi tidak ada dua witir dalam satu malam, yang pasti witir itu dilakukan oleh sahabat dengan macam-macam cara dan Rasulullah pun menyetujuinya. Rasul mendengar bahwa Umar itu suka melaksanakan witirnya di akhir waktu.

Rasul bertanya mengapa dia melaksanakan witir itu diakhir. Umar pun menjawab bahwa dirinya yakin pasti akan bangun di sepertiga malam untuk melaksanakan witir. Rasulullah pun mengatakan, “Sungguh kamu adalah orang yang percaya diri”.

Sementara itu ada Abu Bakar yang melaksanakan witir sebelum tidur. Ketika Rasul bertanya kenapa, beliau menjawab bahwa ia khawatir kebablasan tidur. Maka Rasulullah pun berkata, “Sungguh kamu orang yang berhati-hati”.

Jadi kalau Anda sebelum tidur witir dulu, berarti Anda hati-hati. Artinya kalau merujuk kepada keterangan tidak ada dua witir dalam satu malam, kalau sebelum tidur Anda sudah witir nanti kemudian Anda bangun di sepetiga malam untuk shalat tajahud, maka setelah selesai delapan rakaat ya sudah tidak perlu melaksanakan witir kembali.

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

buku shalat wudhu

5

Red: citra

Editor: iman

972