Agar Anak Kuat Puasa Ramadhan, Ini Saran Dokter

0
105
Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadhan. (Foto: Pixabay)
Meski belum wajib, namun anak boleh berpuasa di bulan Ramadhan. (ilustrasi foto: Pixabay)

PERCIKANIMAN.ID – – Salah satu rukun Islam adalah puasa Ramadhan sebulan penuh, dan hukumnya wajib bagi yang sudah balig atau dewasa. Sedangkan bagi anak-anak tidak diwajibkan namun sejak dini mereka harus dilatih puasa.

Secara umum puasa Ramadhan merupakan menahan lapar dan haus sejak sebelum fajar hingga matahari terbenam atau sampai Magrib. Nah dalam melatih anak berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mereka kuat, salah satunya menu sahur yang sehat.

iklan

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi Metabolik Cut Nurul Hafifah yang bekerja di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan mengatakan, agar anak kuat berpuasa, orang tua harus memastikan mereka mendapat makanan bergizi saat sahur dan berbuka.

Menu yang cocok untuk sahur yaitu makanan yang mengandung makronutrien (makanan utama) dan mikronutrien (makanan yang mengandung vitamin dan mineral) yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Anda dapat memberikan makanan yang mengenyangkan pada saat sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak,” ujar Nurul seperti dilansir okezone.com, Rabu (29/4/2020).

Ia juga menyarankan agar orangtua tidak memberikan makanan yang mengandung gula sederhana, seperti makanan ringan yang manis. Sebagai gantinya Nurul menyarakan bunda memberikan susu yang merupakan sumber zat gizi yang lengkap untuk anak pada saat sahur dan berbuka.

“Jangan lupa semangati mereka dan ucapkan kata-kata pujian ketika mereka sedang berpuasa dan berhasil menahan lapar dan haus,” pungkas Nurul. [ ]

4

Red: admin

Editor: iman

738

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini