Hukum Memajang Foto Orang Sudah Meninggal, Boleh atau Terlarang?

0
1082
Untuk mengenang orang terdekat biasanya dengan memajang foto. ( ilustrasi foto: pixabay)

PERCIKANIMAN.ID–Assalamu’alaykum. Pak Aam apa boleh menyimpan atau memajang foto orang yang sudah meninggal? Mohon jawabannya.Terima kasih. ( M via fb )

Wassalamu’alaykum, ww. Bapak ibu dan sahabat-sahabat yang dirahmati Allah. Boleh dan tidaknya tergantung niatnya apa. Apabila niatnya sekadar meningat, misalnya dengan melihat fotonya kita akan mendokannya atau untuk mengenalkan nenek kakeknya yang sudah meninggal kepada cucunya ya tentu boleh-boleh saja.

iklan

Jadi memajang foto orang yang sudah meninggal dengan niat supaya dengan melihatnya akan membuat kita mendoakan, supaya anak cucu kita mengetahui atau mengenal orang yang sudah meninggal itu bagian dari keluarga besar kita maka tentu saja boleh. Kan tujuannya juga benar dan baik sehingga tidak apa-apa.

Memang ada suatu kebiasaan atau ritual dari agama lain yang mana mereka memajang foto nenek moyang atau orang yang sudah meninggal untuk diibadahi siang dan malam atau diberikan sesajen di depan footnya jelas hal ini tidak mungkin dilakukan orang Islam.

Selama kita tidak melakukan hal yang mereka lakukan, ya tentu tidak apa-apa kita sebagai umat Islam memajang foto orang-orang yang sudah mendahului kita.

Demikian penjelasannya semoga bermanfaat. Wallahu’alam bishshawab. [ ]

Sampaikan pertanyaan Anda melalui WA: 081281818177 atau alamat email: [email protected]  atau inbox melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/ .

5

Red: citra

Editor: iman

925